Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WARGA GANDUREJO GELAR SELAMATAN

Rabu, 15 Maret 2017 Umum

TEMANGGUNG, Sebagai ungkapan rasa wujud syukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang diberikan, warga Dusun Sanggen Desa Gandurejo Kecamatan Bulu dan Kampung Sekrikil Kelurahan Parakan Kauman Kecamatan Parakan Temanggung menggelar selamatan. Salah satu kenikmatan yang diterima yakni dengan hampir selesainya pembangunan jembatan gantung penghubung antar dua Kecamatan tersebut.
     Ritual dilakukan akhir pekan kemarin, warga membawa nasi tumpeng berikut ingkung ayam kampung dan jenang merah putih, serta jajan pasar.Siswa sekolah dasar dari sejumlah sekolah di wilayah tersebut ikut dalam ritual. Pekerja jembatan pun menghentikan sejenak aktivitasnya. Mereka bergabung dalam ritual dan khusuk dalam doa-doa yang dipimpin tokoh agama setempat, Kyai Matakhon.
     Mengakhiri ritual warga makan bersama. Kebersamaan tercipta dalam canda dan tawa. Berjuta harapan dikemukakan dengan keberadaan jembatan gantung di atas Sungai Galeh itu.Kyai Matakhon mengatakan ritual sebagai wujud syukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang diberikan berupa jembatan gantung. Jembatan sangat bermanfaat yakni sebagai jalur ekonomi dan juga jalur silaturahim antar warga.     
     Dia mengemukakan warga sangat senang dengan adanya jembatan gantung, melalui ritual diharapkan keberadaanya dapat dimanfaatkan untuk hal positif dan memberi keselamatan. Seorang siswa, Ahmad mengatakan jembatan gantung akan memudahkan dirinya bersekolah, tidak lagi memutar lewat Parakan  yang jaraknya hampir tiga kilometer atau menyeberang sungai. Warga berharap pem,bangunan  secepatnya bisa diselesaikan sehingga jembatan gantung bisa segera difungsikan. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait