Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BPBD GELAR PELATIHAN PASCA BENCANA

Senin, 27 Maret 2017 Bencana

TEMANGGUNG, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung menggelar  Pelatihan Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana di aula RM Kampung Sawah Temanggung selama dua hari  baru-baru ini.
     Kepala Pelaksana Harian BPBD, Agus Sudaryono mengatakan pelatihan menghadirkan sejumlah nara sumber  dari BPBD Provinsi Jawa Tengah dan diikuti  50 orang, terdiri atas Kasi Tramtibum dari 20 kecamatan di Kabupaten Temanggung, perwakilan instansi terkait di pemkab, Satgas Penanganan Bencana BPBD, dan perwakilan dari para relawan.Pelatihan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang  kebutuhan  pasca bencana  bila sewaktu-waktu terjadi bencana. Dengan demikian diharapkan setelah terjadi bencana mendapat penanganan  yang memadai terutama kepada  para korban.
     Dikemukakan salah satu peralatan yang mesti dimiliki untuk penanganan pasca bencana  yakni alat berat begu atau eskavator untuk menangani bencana tanah longsor, terutama yang materialnya menutupi ruas jalan. Selama ini, tanah longsor hingga materilanya menutupi jalan itu telah banyak terjadi di Temanggung. Kebutuhan eskavator untuk menyingkirkan material longsoran yang menutupi jalan tersebut selama ini bisa dipenuhi dengan cara meminjamnya dari BPBD Provinsi. Sehingga, kemudian perlu waktu agak lama untuk mendatangkan alat berat dari provinsi ke Temanggung. Karena harus meminjam ke BPBD Provinsi, maka membutuhkan waktu agak lama untuk membersihkan material longsoran itu. Dan, dengan sendirinya, pembukaan akses jalan yang tertutup material longsoran itu pun ikut lama.
     Menurutnya, mengingat kebutuhan eskavator untuk menangani bencana tanah longsor itu, pihaknya akan mengajukan permohonan dana pengadaan alat berat tersebut pada tahun anggaran 2018.Sekaligus dengan dump truk untuk membawa eskavator ke lokasi-lokasi bencana tanah longsor yang memerlukannya. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait