Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WARGA TIONGHOA HORMATI LELUHUR

Selasa, 11 April 2017 Umum

TEMANGGUNG, Sebagai ungkapan rasa bakti untuk menghormati leluhur Warga keturunan Tionghoa berziarah ke pemakaman di Bukit Damai Soropadan Pringsurat dengan melakukan tradisi Ceng Beng.
     Seorang warga keturunan Tionghoa di Temanggung Henry Irianto atau Tjong Han Gie  mengatakan banyak anggota keluarganya yang telah wafat dimakamkan di pekuburan di bukit tepi Jalan Raya Yogyakarta-Semarang di Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat. Tradisi Cheng Beng, penting dilakukan warga keturunan Tionghoa sebagaimana keluarganya untuk mengingat leluhur dan membersihkan pemakaman mereka. Ziarah dilakukan dengan melakukan tabur bunga di sejumlah pusara keluarganya dilanjutkan pembacaan do’a.  
     Seorang petugas pengelola "Bukit Damai Soropadan", Marsono (58), mengatakan sejak sekitar seminggu terakhir cukup banyak warga keturunan Tionghoa melakukan ziarah untuk tradisi Cheng Beng ke pemakaman setempat yang luasnya sekitar 15 hektare itu. Tradisi diikuti banyak umat mencapai ratusan keluarga, jauh berbeda dengan pada hari biasa, terutama Minggu, warga yang berziarah ke tempat itu paling banyak hanya lima keluarga berasal dari daerah sekitar. Saat ziarah, mereka antara lain membawa bunga, lilin, hio atau dupa. Mereka juga meletakkan sesaji di dekat makam keluarga, yang antara lain berupa daging ayam dan babi, ikan laut, buah-buahan, aneka kue, jajanan, dan uang-uangan dari kertas. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait