Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SYUKURAN LIMPAHAN REZEKI

Selasa, 11 April 2017 Umum

TEMANGGGUNG, Sebagai bentuk wujud syukur kepada Yang Kuasa atas kelimpatan rizki yang telah diberikan, Petani tembakau lereng Gunung Sumbing menggelar upacara adat Rejepan Plabengan di Dusun Cepit Desa Pagergunung Kecamatan Bulu Temanggung, Jumat (07/04).Pada upacara adat Rejepan Plabengan itu warga membawa tenong berisi nasi, ayam ingkung dan aneka jajan pasar serta buah-buahan menuju ke punden desa yang disebut Plabengan yang berada tidak jauh dari pemukiman.
     Di tempat tersebut warga lantas mengambil tempat duduk di sisi kanan dan kiri jalan. Tenong ditempatkan di depan mereka. Sesaat sesepuh agama memberikan kode agar warga menghentikan aktivitas, dan ritual doa sebagai salah satu rangkaian uparcara adat tersebut dimulai.
     Kades Pagergunung Sukarman mengatakan warga bersyukur pada Tuhan yang telah memberikan limpahan rizki sehingga melakukan upacara Rejepan Plabengan. Plabengan adalah tempat bermusyawarah  Ki Ageng  Makukuhan, yang tidak lain tokoh agama terkenal penyebar agama Islam di Temanggung, bersama dengan para santrinya, yakni Ki Ageng Tunggul Wulung, Ki Ageng Gandung Melati dan  Ki Ageng Paniti Kudo Negoro serta Syeh Dami Aking. Kita  berdoa agar tokoh penyebar agama Islam di Temanggung diampuni doanya dan mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan. Demikian juga orang tua dan nenek moyang warga ini. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait