Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TRETEP DILANDA LONGSOR

Selasa, 25 April 2017 Bencana

TEMANGGUNG, Bencana  alam tanah longsor melanda di Dusun Tretep Desa Tretep Kecamatan Tretep yang dipicu  hujan deras dengan intensitas lama di Gunung Perahu. Bencana serupa  juga terjadi di Dusun Gunung Wuluh Desa Canggal Kecamatan Candiroto hujan lebat menyebabkan banjir hingga membuat longsornya senderan dan merusak rumah warga, baru-baru ini.
     Kepala Pelaksanan BPBD Temanggung Agus Sudaryanto mengatakan, longsor di Dusun Tretep terjadi siang hari. Rumah milik Sudiyanto di RT.07/RW.02 Dusun Tretep tertimpa tanah senderan sepanjang 15 meter dan tinggi 6,5 meter yang berada di dekat rumahnya.
     Dikatakan Tim BPBD Kabupaten Temanggung, Polres Temanggung dan TNI Kodim 0706 Temanggung membantu korban untuk menyelamatkan barang berharga serta memperbai rumah. Akibat  bencana tersebut menyebabkan kerugian material Rp 50 juta dan untuk meringankan beban korban dalam mencukupi kebutuhan pangan BPBD telah memberikan bantuan sembako.
     Dikatakan pada waktu yang hampir bersamaan di Dusun Gunung Wuluh terjadi banjir yang membuat tanah didekat sungai longsor sepanjang 15 meter dan menimpa tiga rumah warga di RT.03/RW.06. Tiga rumah itu yakni milik Jumari (50), Haryanto (60) dan Suwardi (45).Selain rusaknya rumah juga membuat rusaknya perabotan dan pakaian. Peristiwa  tersebut tidak menimbulkan korban jiwa hanya menyebabkan kerugian materi mencapai Rp 5 juta.
     Guna menyingkirkan material longsoran  masyarakat bergotong royong bekerja bakti dibantu  personel BPBD, TNI Kodim 0706 dan polres Temanggung . Dengan adanya kerja gotong royong longsoran utamanya yang mengenai rumah warga bisa dibersihkan. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait