Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KOMPETENSI GURU RA DITINGKATKAN

Kamis, 27 April 2017 Pendidikan

TEMANGGUNG, Guna meningkatkan  kapasitas  pengetahuan dan ketrampilan guru dalam melaksanakan tugas, pengurus Ikatan Guru Rudhotul Atfal (IGRA) Kecamatan Pringsurat menyelenggarakan saresehan dengan topik  peningkatan kompetensi profesionalitas guru RA. Sarasehan diselenggarakan di kantor PPAI Kecamatan Pringsurat baru-baru ini.
     Nur Makhsun sebagai salah satu narasumber mengatakan salah satu prinsip dasar pendidikan anak usia dini ialah proses pembelajaran yang bersifat aktif, reaktif, interaktif, efektif, dan menyenangkan, dan dilaksanakan melalui bermain. Ia menekankan pentingnya cara belajar melalui bermain ini serta menjelaskan bahwa bermain memiliki banyak fungsi, di antaranya membentuk aspek kemampuan manusia (kognitif, bahasa, sosial, afektif, dan psikomotor), serta membentuk kemampuan fisik manusia (kekuatan, ketahanan, keseimbangan, kelincahan, dan ketepatan).
     Pengawas RA/MI Kecamatan Pringsurat,  Nur Makhsun, menyampaikan, bahwa setiap guru harus memahami empat kompetensi guru menurut Permendiknas Nomor16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Empat kompetensi tersebut kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Khusus untuk peningkatan profesional yang terdiri dari empat poin, seperti penguasaan materi, konsep keilmuan dan mengembangkan materi pelajaran yang diampu bagi setiap guru wajib dilaksanakannya. Kalau setiap guru sudah melaksanakan empat kompetensi tersebut, maka kualitas pendidikan di RA akan semakin meningkat dan kepercayaan masyarakat untuk memasukkan anaknya ke lembaga pendidikan tersebut akan semakin meningkat pula. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait