Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Daftar Pemilih Sementara Pilpres

Jumat, 01 Mei 2009 Politik
Antisipasi Pemilih Tercecer,
Daftar Pemilih Sementara Pilpres Diminta Dicermati


TEMANGGUNG- Mengantisipasi adanya pemilih tercecer, warga masyarakat yang memiliki hak pilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Juli  mendatang, diminta untuk mencermati daftar pemilih sementara (DPS) yang telah diumumkan di berbagai tempat. Dengan demikian apabila ada warga pemilih yang belum terdaftar dalam DPS tersebut, hendaknya segera memberitahukan  kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa setempat untuk diperbaiki .
    Ketua KPU Drs. Sujatmiko dikantornya  Kamis kemarin (30/4) menjelaskan, warga yang telah memiliki hak pilih, atau telah berusia 17 tahun atau pernah menikah, diharapkan  segera melihat Daftar Pemilih Sementara  Pilpres yang telah dipasang di balai desa, gardu-gardu siskamling, papan pengumuman RT/RW, dan tempat-tempat strategis lainnya. Beberapa waktu lalu lanjutnya, KPU kabupaten telah melakukan sosialisasi Pilpres, dengan berkeliling menggunakan mobil, dan memberitahukan kepada masyarakat di tempat-tempat keramaian melalui pengeras suara. Tim sosialisasi juga berkeliling di kecamatan –kecamatan di wilayah daerah pemilihan (Dapil) I, II, III, IV, V dan di Dapil VI.
    “ Berkait dengan proses pelaksanaan Pilpres, saat ini telah memasuki tahap pemutakhiran data pemilih. Adapun Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu legislatif 9 April lalu, kini menjadi DPS untuk Pilpres 2009. ''tuturnya.
    Dikatakan ,sosialisasi yang tengah dilakukan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang pelaksanaan Pilpres dan tahap pemutakhiran data pemilih Pilpres saat ini. Kami mengimbau agar masyarakat dapat melakukan pengecekan DPS yang telah diumumkan tersebut.
    Menurutnya, dengan melakukan pengecekan DPS itu, diharapkan akan dapat dilakukan perbaikan dalam DPT Pilpres, apabila masih ada warga yang sebenarnya telah memiliki hak pilih namun belum terdaftar dalam DPS. Demikian pula, perbaikan dalam DPT juga akan dilakukan, jika terdapat pengaduan atau tanggapan dari masyarakat, mengenai pemilih yang tidak memiliki hak pilih akan tetapi tercantum dalam DPS saat ini.
    “ Selain dengan berkeliling, sosialisasi mengenai Pilpres ini juga telah dilakukan melalui pemasangan 325 spanduk ajakan untuk meneliti DPS dan menggunakan hak suaranya dalam Pilpres nanti. Spanduk-spanduk tersebut dipasang di setiap desa yang ada di Kabupaten Temanggung “ ujarnya (Humas/ Edy Laks )
     
                               

Berita Terkait