Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Bupati Buka Musrenbang Kecamatan

Selasa, 14 Pebruari 2012 Pemerintahan
TEMANGGUNG, Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tingkat Kecamatan  merupakan wadah sekaligus  proses perencanaan  pembangunan dari bawah. Sebagai sebuah proses  tahunan, Musrenbang   berusaha menangkap aspirasi dan kebutuhan  masyarakat sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan terkini.
     Hal itu ditegaskan Bupati Drs. Hasyim Afandi  pada acara pembukaan Musrenbang Kecamatan Kedu yang berlangsung di Balai Desa setempat  Senin (13/2). Musrenbang dihadiri Wakil ketua DPRD Muh Amin, Camat Kedu beserta muspika, pejabat terkait  dan diikuti para Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LPMD dan tokoh masyarakat.
     “ Musrenbang merupakan wahana untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2013. Oleh karena itu  hendaknya dilaksanakan  dengan tertib, lancar, penuh kesungguhan sehingga menghasilkan usulan program kegiatan yang  realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat bukan keinginan. Hal ini merupakan perpaduan antara  program yang bersifat top down dan buttom up ” harapnya.
     Dikemukakan, Musrenbang RKPD tingkat kecamatan  merupakan media perencanaan pembangunan bagi semua stakeholder dalam rangka  penyusunan RKPD tahun 2013. Sedang RKPD 2013 merupakan bahan utama  dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) yang selanjutnya  akan dijabarkan dalam RAPBD 2013.  Hasil-hasil yang dicapai dalam Musrenbang Kecamatan  lanjutnya, sesuai mekanisme yang ada masih akan dibahas dalam musyawarah  yang lebih tinggi yakni forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten.
     Anggota DPRD Arif Mas’ud dalam sambutannya mengatakan,  Musrenbang Kecamatan merupakan wahana perencanaan pembangunan  partisipatif seleuruh masyarakat. Dengan demikian  diharapkan menelorkan  program perencanaan  yang  benar-benar super prioritas ,  realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu kegiatan musrenbvang hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya  agar berdaya guna dan berhasil guna dengan sasaran akhir terwujudnya  peningkatan kesejahteraan.
     Sekretaris kecamatan Kedu Badar Waluyo, S Sos dalam laporannya mengatakan Musrenbangf Kecamatan merupakan tindak lanjut Musrenbang Desa yang sudah diselenggarakan beberapa waktu lalu di 14 desa. Musrenbang bertujuan untuk menyusun rencana pembangunan tahun anggaran 2013 yang selanjutnya  akan dibahas lebih lanjut dalam Musrenbang tingkat kabupaten. Dikatakan , Musrenbang diikuti delegasi dari masing-masing desa ,  berlangsung selama dua hari yakni tanggal 13 Februari  dengan agenda  musyawarah kelompok dan tanggal 15 Februari musyawarah pleno.
     Sesusai membuka Musrenbang, Bupati melanjutkan kunjungan kerja meninjau usaha kopi bubuk Bambu Runcing di Kranggedong Ngadirejo, Usaha konveksi di Karawitan  dan usaha kopi bubuk akur di Mento Candiroto. Kepada pengelola diminta untuk  serius dan fokus  sesuai standar operasional yang ditetapkan agar usaha yang dijalankan maju dan berkembang (Hms/Edy Laks).

Berita Terkait