Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

ALIRAN KEPERCAYAAN BERKEMBANG BAIK

Rabu, 14 Juni 2017 Keagamaan

TEMANGGUNG, Di Kabupaten Temanggung saat ini ada 8 aliran kepercayaan yang tumbuh berkembang dengan baik. Mereka bisa hidup berdampingan dengan warga masyarakat pada umumnya dengan sejuk dan damai.
    Kepala Kesbangpol Kabupaten Temanggung SFK Kuntjoro melalui Kasi Ketahanan Seni Budaya, Agama, Kemasyarakatan dan Ekonomi, Sumalhadi mengatakan, saat ini setidaknya ada delapan aliran kepercayaan terverifikasi di Kantor Kesbangpol. Delapan aliran tersebut tersebar di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung.Delapan aliran kepercayaan itu antara lain Subud, Sapto Darmo, Mardikaning Santosa Budi, Sumarah, Hidup Betul, Palang Putih Nusantara, Cahaya Buana dan Paguyuban Dewi Sri Sindoro Sumbing. Semua terdaftar dan dalam pembinaan kami. Dari data, kurang lebih ada 5.000 warga Temanggung yang ikut dalam aliran kepercayaan.
    Pembinaan yang dilakukan pemerintah daerah adalah dengan cara komunikasi aktif dengan para penganut atau penghayat aliran kepercayaan. Setiap satu tahun sekali semua aliran kepercayaan dikumpulkan untuk mendapatkan pembinaan, setiap tiga tahun sekali pengurus harus memperbaharui izin. Kemudian jika suatu aliran kepercayaan ada acara internal pihak Kesbangpol pun ikut menghadiri acara sehingga tidak ada sumbatan komunikasi ataupun salah persepsi.
    Sumalhadi mengatakan, kepada penganut aliran kepercayaan memang ada pengawasan melekat dan selain Kesbang ada pembinaan dari Kejaksaan. Jadi di Temanggung tidak ada masalah terkait KTP, administrasi di Disdukcapil, ataupun dengan lingkungan aman-aman saja. Sebab penganut aliran kepercayaan di Temanggung itu tetap memiliki agama. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait