Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SIAP BENCANA DENGAN LATGAB PEPP

Kamis, 05 April 2018 Bencana

TEMANGGUNG, Mengingat Temanggung merupakan daerah rawan bencana yang memiliki potensi berbagai jenis bencana, maka BPBD Provinsi Jawa Tengah mengadakan Latihan Gabungan Penyelamatan Evakuasi dan Penanggulangan  Pengungsi  (Latgab PEPP) di Kabupaten Temanggung. Upacara pembukaan Latgab PEPP dilaksanakan Hari Selasa, (3/4) dipimpin oleh Pjs. Bupati Temanggung Sudaryanto bertempat di Aula Kecamatan Bulu.

Dalam sambutanya Pjs Bupati Sudaryanto menyambut baik adanya kegiatan ini karena dengan banyaknya pelatihan yang diberikan kepada pelaku penanggulangan bencana di Kabupaten Temanggung khususnya TIM SAR, maka akan menjadikan Temanggung memiliki Sumber Daya Manusia yang terlatih sehingga menjadikan Temanggung lebih siap menghadapi bencana. “Upaya penguatan dari para pelaku penanggulangan bencana salah satunya adalah dengan diadakanya Latihan Gabungan Penyelamatan Evakuasi dan Penanganan Pengungsi di Kabupaten Temanggung ini” tambahnya.

Hal ini sangatlah tepat mengingat bencana sering terjadi di wilayah Kabupaten Temanggung, yang mengindikasikan bahwa Temanggung merupakan daerah rawan bencana, sehingga perlu upaya untuk mengantisipasi ancaman potensi bencana tersebut.

Dalam kesempatan ini, Pjs Bupati juga menghimbau agar Latgab PEPP ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi, ajang saling memahami dan mengenal satu sama lain, sebagai sarana sharing dalam rangka meningkatkan pemahaman-pemahaman terkait Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Latgab PEPP dilaksanakan tanggal 3-4 April 2018, untuk hari pertama merupakan digunakan pendidikan teori sedangkan hari berikutnya digunakan untuk kegiatan praktek di lapangan yang meliputi latihan praktek 7 pos yaitu posko dan komunikasi, dapur umum, PPGD, evakuasi damkar dan dilanjutkan dengan simulasi bencana tanah longsor yang disertai kebakaran akibat konsleting listrik. (HMS18/Re2)

 

Berita Terkait