Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Drone Hope Harapan Petani

Kamis, 16 Agustus 2018 Ketahanan Pangan

Pelepasan Pengiriman drone pertanian dengan nama drone hope dilaksanakan di depan Gedung Pemuda Temanggung Selasa (14/8). Drone Hope merupakan hasil inovasi dari para pemuda Aeromodelling Club dibawah bimbingan Komando Distrik Militer 0706/Temanggung.
    Selama ini drone dimanfaatkan untuk mengambil obyek gambar dari ketinggian dalam bentuk foto atau video. Namun drone hope ini dibuat guna membantu dan memudahkan petani dalam melakukan penyemprotan tanaman, pemupukan, penyemprotan pestisida, dan penyiraman ringan. Dron dalam bentuk besar ini dimanfaatkan sebagai sarana pertanian modern.
    Komandan Kodim 0706 Temanggung, Letkol Arm. Yusuf Setiaji mengatakan bahwa drone hope ini merupakan hasil riset selama satu tahun hasil kerjasama Kodim 0706/Temanggung dengan Temanggung Aeromodeling Club. Kementrian Pertanian saat ini tengah melakukan kerjasama dengan memesan drone hope ini sebanyak 50 unit. Pada tahap awal ini dikirim 2 drone, dari total pemesanan 50 unit drone. Pesanan selanjutnya akan dibuat secara bertahap, dan akan digunakan di seluruh pertanian di Indonesia. Drone pertanian ini di claim mampu menyiram dan menyemprot tanaman seluas 4 hektar dalam 1 jam.  
    Masyarakat Temanggung pantas berbangga dengan hasil yang dicapai oleh para pemuda Temanggung tersebut, karena Temanggung merupakan satu-satunya Kabupaten di Indonesia yang berhasil membuat drone pertanian bertekhnologi tinggi. (humas18)

 

Berita Terkait