Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Pemkab Temanggung Gelar Upacara HUT ke 73 Kemerdekaan RI

Senin, 20 Agustus 2018 Pemerintahan

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung  menggelar Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, dipusatkan di alun-alun Temanggung. Jumat (17/8/2018). Bertindak sebagai inspektur upacara Penjabat Bupati Temanggung Sudariyanto.
    Sementara pembacaan, pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPRD Subhan Bazari  teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Penjabat Bupati Sudariyanto
Rangkaian upacara pengibaran bendera merah putih dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB serta berlangsung khidmat serta lancar. Bendera pusaka dikibarkan oleh  pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kabupaten Temanggung  dengan  sukses. Sang saka merah putih berkibar dengan sempurna , hal ini tidak terlepas dari kesiapan Paskibaraka yang telah menjalni latihan intensif  bebarap waktu lalu.
    Inspektur Upacara Penjabat Bupati  Sudariyanto  dalam sambutannya membacakan amanat Gubernur Jateng Ganjar Pranowo diawali dengan pekik merdeka yang disambut  serentak oleh seluruh peserta upacara. Dikatakan momentum HUT RI mampu menggugah semangat warga untuk membuktikan kerja kuat nyata, yang menjadi prestasi bangsa. Hal itu selaras dengan tema HUT RI tahun ini yaitu Kerja Kita Prestasi Bangsa.
    Memang, 17 Agustus bukan sekedar resikresik kampung, lomba balap karung, pawai keliling kota atau kegiatan lainnya. Lebih dari itu, kegiatan tersebut menunjukkan kepada kita, betapa bangga dan cintanya rakyat kepada Ibu Pertiwi. Kebersamaan dan persaudaraan, keikhlasan dan kebersahajaan, tampak jelas dari raut wajah mereka. Oleh karena itu sedih rasanya, dan sungguh tidak rela, kalau di antara anak-anak bangsa masih ada yang saling menebar rasa benci, fitnah dan saling menjelekkan, serta membuat dan menyebar hoaks, karena perbedaan.
    Batin saya mau berteriak, dan dada saya terus bergolak. Mestinya, keragaman itu dapat diterima sebagai keniscayaan; perbedaan apapun bentuknya merupakan berkah alam. Justru dalam perbedaan selalu terjadi keindahan, karena taman yang indah selalu ditumbuhi beraneka ragam kembang. Percayalah, Negara telah dan akan hadir guna menyelesaikan persoalan warganya. Negara terus berupaya menciptakan rasa aman dan nyaman. Negara terus memberikan pelayanan terbaik dan berusaha mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial. Maka sebagai warga negara, kita harus ikut merawat capaian dan kemajuan pembangunan dengan berbagai macam cara yang bisa kita lakukan. Kita harus berperan aktif untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah kebangsaan kita. Munculnya paham-paham antiPancasila, tampilnya sikap-sikap anti-NKRI, serta menggejalanya praktik-praktik terorisme, harus kita hadapi dengan tegas: lawan!
    “Sudah seharunya kita meneladani nilai-nilai kejuangan para pahlawan dalam kehidupan nyata. Praktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari: selalu berpikir positif, jujur dalam ucapan, teguh dalam pendirian, disiplin menjalankan tugas, punya unggah ungguh dalam pergaulan, toleran dalam bermasyarakat, tepo seliro dan selalu semangat untuk bergotong royong, serta bangga dan cinta atas karya anak bangsa sendiri“ tandasnya
    Seusai upacara acara dilanjutkan dengan penyerahan  penghargaan satya lencana kesetiaan dari Pemerintah  oleh Pj Bupati kepada sejumlah  PNS  di lingkungan Pemkab Temanggung. Penghargaan tersebut  diberikan  atas dedikasi dan pengabdiannya kepada nusa bangsa serta kesetiaannya  kepada ibu pertiwi yang tinggi. Sementara pada sore harinya dilakukan  upacara penurunan bendera pusaka merah putih, bertindak selaku  inspektur upacara Komandan KODIM 0706 Temangung Letkol  Yusuf Setyaji . Sebelum upacara berlangsung terlebih dahulu dilaksanakan aubade dimeriahkan marching band SMK Swadaya Temanggung dan paduan suara  ribuan siswa-siswi SLTA yang menyanyikan lagu-lagu perjuangan. (Humas18/ Edy Laks)

 

Berita Terkait