Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Apel 3 Pilar Jelang Tahun Politik 2019, TNI, POLRI dan ASN Harus Kompak

Rabu, 07 November 2018 Umum

TEMANGGUNG, Aparatur Negara TNI, POLRI dan ASN  diminta   menjaga soliditas,  kompak dan bersinergi serta netral  dalam menghadapi  tahun politik  2019 mendatang  yakni perhelatan Pilpres dan Pileg. Dengan demikian  dapat mewujudkan  Pileg, Pilpres yang aman, damai dan sejuk  utamanya di wilayah Kabupaten Temanggung.  
            Hal itu disampaikan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono dalam acara  apel  3 pilar Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades/Lurah di Graha Bhumi Phala komplek Setda Kabupaten Temanggung  Selasa (6/10). Hadir dalam acara tersebut Danrem 072 Pamungkas Yogyakarta  Brigjen  TNI M Zamroni, Bupati  Temanggung M. Al Khadziq, FKPD dan pejabat terkait serta diikuti para babinsa, bhabinkamtibmas, kades/ lurah  se Kabupaten Temanggung. Apel 3 pilar ditandai dengan pembacaan ikrar netralitas, TNI, POLRI dan ASN  serta  ikrar menjaga iklim sejuk, aman, damai pelaksanaan Pilpres dan Pileg dari  perwakilan Partai Politik.
            Kapolda  Condro Kirono mengatakan riak Pemilu serentak 2019 sudah mulai terasa seiring dimulainya masa kampanye. Pileg dan Pilpres 2019  yang digelar serentak membutuhakan kerjasama seluruh pihak agar suasana tetap kondusif. Di luar tugasnya sebagai aparatur sipil dan militer negara, ASN, TNI dan Polri pun memiliki tugas lain yang tak kalah berat. Mereka mesti menjadi pondasi kondusifitas dan mampu menjadi penyeimbang dalam pemilu mendatang.
            Kapolda yakin keberadaan tiga pilar yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa lurah atau kepala desa ini mampu menjamin suasana kondusif dari lingkup pemerintahan terkecil, yakni desa atau kelurahan. Keyakinan ini didasari dari dedikasi mereka yang telah lama mengabdi kepada masyarakat. Condro pun berharap tiga pilar ini bisa merebut simpati dan hati rakyat untuk bersama-sama menjaga situasi Pileg dan Pilpres 2019 tetap kondusif. Caranya yakni dengan memberikan pelayanan yang baik sehingga rakyat percaya akan keberadaan tiga pilar ini.
            “Netralitas Polri TNI dan ASN saat memberian pelayanan dan pengamanan saat Pileg dan Pilpres 2019 menjadi harapan masyarakat sehingga kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi dan keadilan dalam berdemokrasi akan terwujud,” katanya,
            Komandan Korem 072 Pamungkas Brigjen TNI M Zamroni mengemukakan  tujuan apel tiga pilar ini adalah untuk memupuk sinergi antara Bhabinkamtibmas, Babinsa, lurah dan kepala desa agar semakin solid. Kerjasama ketiga pilar ini diyakini mampu menyelesaikan dengan dini. Oleh karena itu  diharapkan  tiga pilar bersama tokoh masyarakat, ulama, dan tokoh agama bisa menjadi radiator atau pendingin saat politik memanas. Antara lain dengan menggelar berbagai kegiatan olah raga, sosial, kesenian dan kebudayaan sehingga situasi lebih mencair.
            “Jika 3 pilar disinerjikan dalam bentuk kegiatan sehari hari maka segala permasalahan akan mudah tertangani dan kondusifitas wilayah akan terwujud,” ucap Danrem  ( Hms18/Edy Laks )
 

 

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait