Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Catec Gelar Pameran Seni Rupa, Kreatifitas Melukis Harus Ditingkatkan

Jumat, 16 November 2018 Sosial

TEMANGGUNG, Kreatifitas anak-anak Temanggung  dalam melukis harus ditingkatkan melalui berbagai kegiatan  dengan melibatkan  pelukis-pelukis muda. Dengan demikian kehidupan berkesenian utamanya  seni rupa akan semakin maju dan berkembang  serta  dapat melahirkan pelukis-pelukis handal.
             Hal itu dikemukakan wakil Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Tunggul Purnomo pada saat membuka acara  pameran seni rupa yang diprakarsai   Sanggar Seni Cah Temanggung Creatif  (Catec)  di pendopo Pengayoman Temanggung  Rabu (14/11). Pembukaan ditandai dengan menggoreskan cat di kanvas untuk selanjutnya dibuat lukisan disaksikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Woro Andijani  dan pejabat terkait. Tunggul menyambut bangga diselenggarakannya  pameran seni rupa/lukisan  yang dinilai positif  sebagai  wahana  untuk mengenalkan berbagai karya lukisan dari para perupa kepada publik. Disisi lain dengan adanya pameran maka  kehidupan berkesenian  seni lukis semakin bergairah.
             “Namun harus diakui  kreatifitas  para  seniman  lukis yang tergabung dalam wadah Catec masih kurang, sehingga perlu ditingkatkan  dengan merangkul pelukis-pelukis muda/ junior  untuk  tampil  berkreasi. Hal itu bisa ditempuh misalnya dengan mengundang mereka utamanya yang masih berstatus  sebagai pelajar untuk melukis bareng di pendopo pengayoman“  ujarnya.
             Menurut Tunggul  kreatifitas  menuangkan ide dan pemikiran dalam melukis  tidak mempertimbangkan  pasar  dalam artian nanti lukisan yang dibuat bisa laku atau tidak. Akan tetapi  sebuah kreatifitas seni  mendasarkan pada hati nurani  dengan menuangkannya pada kanvas. Untuk mahir melukis  lanjutnya  butuh proses panjang melalui latihan  terus menerus dan berkelanjutan, karena dengan semakin banyak berlatih maka hasil lukisannya  akan semakin sempurna sehingga bisa dinikmati publik bahkan laku jual dengan harga tinggi.   
             Ketua panitia penyelenggara, Witarso Saptono Putro mengatakan pameran menggelar puluhan  karya seni rupa berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 14 – 18 Nopember 2018 di pendopo pengayoman.  Pameran terbuka untuk umumsecara gratis diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan peringatan hari jadi ke 184 Kabupaten Temanggung  sekaligus peringatan hari Pahlawan  2018.  Pameran.  diikuti 49  perupa, yakni dari Temanggung, Yogyakarta, Borobudur, Grabag, Boyolali, Semarang, dan kota lain di Jawa Tengah.
             “Di Temanggung jarang sekali diselenggarakan pameran lukisan, untuk itu melalui pameran ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat mencintai seni lukis.Kami Catec hampir setiap tahun mengadakan pameran lukisan, tetapi kelihatannya belum banyak peminatnya," katanya sembari berharap kedepan di Temanggung bisa dibangun gedung kesenian untuk mewadahi para  perupa akan  semakin optimal.
             Dikemukakan untuk merangsang  tumbuh kembangnya minat  berolah seni lukis pihaknya juga sering mengadakan lomba melukis dan mewarnai bagi anak-anak SD tetapi berdasarkan pengamatannya setelah lulus SD tidak lagi ke lukisan, larinya ke "game" dan sebagainya.Setelah juara di SD, ke atasnya sudah jarang sekali. Oleh karena itu seni lukis akan terus dikembangkan dan potensi di temanggung sendiri sebenarnya cukup bagus, banyak pelukis Temanggung yang sekarang terkenal di tingkat nasional, seperti Lucia Hartini. (Hms18/Edy Laks)
 

Berita Terkait