Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Lindungi dan Lestarikan Tumbuhan serta Satwa Liar

Jumat, 24 Juni 2016 Pertanian dan Perkebunan

TEMANGGUNG, Bertempat di halaman kantor Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung, Kamis (23/6) dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupato beserta SKPD terkait dan sekolah peserta Adiwiyata, Komunitas hijau, Satgas Bathara, saka Kalpataru dan juga Kelompok Bank Sampah Kabupaten Temangggung.
     Dalam sambutanya Irawan Prasetyadi, SSi, MPar meyampaikan bahwa kita perlu melakukan konservasi yang menekankan pada upaya pelestarian dan perlindungan keanekaragaman hayati serta secara tegas melarang adanya perburuan tumbuhan dan satwa liar dilindungi. Hal ini senada dengan tema hari Lingkungan Hidup Sedunia yaitu memerangi perdagangan illegal satwa liar yang diwujudkan dengan Slogan “Go Wild For Life”.
     Namun dalam upaya konservasi secara nyata di lapangan dapat diarahkan ntuk mengurangi konflik manusia dan satwa liar serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan konservasi, sehingga dukungan social untuk perlindungan satwa liar menigkat dan ruang gerak perburuan akan berkurang.
     “Momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini dapat menjadi alarm, tanda siaga untuk terus berupaya dan bekerja keras dalam mengatasi berbagai masalah lingkungan dan kehutanan yang banyak, komplek dan rumit, mari kita lestarikan alam, jaga lingkungan, jaga hutan dan keanekaragaman hayati”, harapnya.
     Kepala Badan Lingkungan Hidup Ir . MA Agus Prasodjo dalam peringatan ini melaporkan bahwa selain diadakan upacara juga pada kesempatan ini di lakukan penyerahan kendaraan roda 3 untuk kelurahan kebonsari sebgai kendaraan Operasional TPS 3R, dan Penyerahan kendaraan roda 2 untuk pengawasan Lingkungan hidup  serta penyerahan tempat pemilah sampah kombinsai komposter.
     Sebagai tanda bahwa Pemerintah Kabupaten Temanggung mencintai dan melestarikan satwa liar, pada kesempatan tersebut diwakili oleh Wakil Bupati dan para peserta yang hadir dilakukan pelepasan burung kealam liar.(Hms16/pakDhe)

Berita Terkait