Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

LKPJ BUPATI

Selasa, 11 Mei 2010 Pemerintahan
Rapat Paripurna DPRD, LKPJ Bupati Temanggung Tahun 2009

Temanggung – Senin (10/5) diadakan Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Temanggung Tahun 2009 kapada DPRD. LKPJ merupakan gambaran pelaksanaan kegiatan pemerintahan daerah selama tahun 2009.
LKPJ disusun paralel dengan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) kepada Pemerintah dan Informasi LPPD kepada Masyarakat. LPPD kepada Pemerintah merupakan salah satu mekanisme Pemerintah untuk mengevaluasi kerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah. LPPD Kabupaten/Kota dievaluasi oleh Gubernur dan LPPD Provinsi dievaluasi oleh Menteri Dalam Negeri. Hasil evaluasi ini dijadikan dasar untuk melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan pemerintah Kabupaten/Kota.
Dalam rapat paripurna DPRD ini muncul beberapa pemandangan umum dalam bidang sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup dan olah raga. Pendapat umum ditanggapi oleh Bupati Temanggung yang pada akhirnya ditujukan demi kesejahteraan masyarakat.
Mudiyanto menyampaikan pemandangan umumnya di bidang pendidikan mengenai kurang adanya perlakuan keadilan di sekolah dusun dan sekolah kota. Bupati menanggapi bahwa distribusi tenaga guru disesuaikan dengan  tingkat kebutuhan masing-masing, dan pendistribusian terbanyak telah disalurkan ke desa. Masih di bidang pendidikan, Arif Mas’ud menyinggung mengenai tingginya tingkat ketidaklulusan siswa SMP (23%) dalam Ujian Nasional. Pemerintah saat ini sedang mengkaji apa yang menjadi penyebabnya. Dikatakan juga bahwa Ujian Nasional merupakan salah satu syarat kelulusan, dan masih ada indikator lain yang perlu diperhatikan antara lain UAS, penilaian akhlak dan lain sebagainya.
Dibahas pula masalah lingkungan hidup mengenai galian C yang masih berjalan. Ditanggapi bahwa saat ini sudah ada tindak lanjut berupa kajian dan operasi oleh Tim (Polres, Kodim dan Satpol PP) dan saat ini masalah galian C sedang memasuki tahap pemanggilan saksi yang bisa dimintai informasi oleh Polres Temanggung.
Dalam bidang kesehatan, Mattoha, SE mengemukakan keluhan kenaikan tarif RSUD yang belum diimbangi dengan kualitas pelayanan serta kepedulian kebersihan Puskesmas. Diakui memang masih terdapat berbagai permasalahan berkaitan dengan bidang kesehatan. Saat ini Pemeritah sedang berusaha meningkatkan kualitas pelayanan dan kebersihan RSUD serta Puskesmas demi kesejahteraan masyarakat pengguna pelayanan kesehatan. (Humas/Eln)

Berita Terkait