Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Dintanpangan Adakan Bimtek Vanili

Kamis, 28 November 2019 Umum

TEMANGGUNG, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung  mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang  pelatihan  pengembangan panili kegiatan introduksi dan disversifikasi komoditas pertanian berpotensi tahun 2019. Bimbingan teknis dibuka oleh Bupati HM Alkhadziq di aula setempat Kamisw (28/11).
            Bupati dalam sambutannya mengatakan  tanaman panili  di kabupaten Temangung dahulu pernah mengalami kejayaan selain tembakau, namun karena serangan hama penyakit dan gangguan keamanan maka menyebabkan  tanaman panili menjadi berkurang bahkan  nyaris punah. Oleh karena itu Pemkab Temanggung berusaha untuk mengembalikan kejayaan panili dengan memprogramkan  penanaman panili di kalangan petani. Hal tu ditempuh dengan  peningkatanproduksi  panili, pembuatan kebun induk sebagai sumber  benih bersertifikasi serta peningkatan mutu SDM petani melalui pelatihan-pelatihan dan studi banding.
            Bukti  bahwa panili   sebagai salah satu komoditas unggulan  yakni dicantumkannya  symbol panili dalam lambing daerah dengan wujud setangkai  batang panili berdaun empat  helai dan  berjumlah dua untai. Diutarakan  luas areal tanam panili  tahun 2018  tercatat  24,3 hektar dengan jumlah  produksi 7.034,5 kg dengan jumlah petani 84 orang.  Salah satu kegiatan  untuk meningkatkan  mutu SDM petani panili   yaitu dengan menyelenggarakan bimbingan teknis. Diharapkan setelah mengikuti Bimtek petani menjadi lebih terampil dalam membudidayakan panili sehingga diharapkan produksi panili semakin meningkat dan berkualitas.
            Sekretaris Dintanpangan Mintiasto  mengatakan  dalam menggalakkkan  budidaya panili tahun 2018  melakukan identifikasi varitas unggul lokal  panili Temanggung. Identifikasi dilakukan  di lima kecamatan yakni Temanggung, Kandangan, Kranggan, Tembarak dan Kaloran .  Guna  mendorong peningkatan produksi panili maka dilakukan  Bimbingan Teknis yang diikuti perwakilan petani  agar  kemampuannya  dalam  bercocok tanam panili semakin meningkat. Bimtek menghadirkan nara sumber  Bamabng Hadisutrisno dan Tri Harjaka  dari UGM  Yogyakarta,   nara sumber dari  Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jateng dan  Ketua Himpunan Petani panili organic Provinsi Jawa Tengah.  (Bagian Humas pemkab Temanggung19/ Edy laks)

 

Berita Terkait