Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Diklat Prajabatan

Rabu, 22 April 2009 Pemerintahan
206 CPNS Ikuti Diklat Prajabatan

Temanggung- Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Badan Kepegawaian Daerah mulai tanggal 20 April sampai dengan 10 Juli 2009  melaksanakan Pendidikan Dan Pelatihan Prajabatan ( Diklat Prajab ) golongan  I dan II. Diklat  diikuti 206 Calon Pegawai Negeri Sipil  ( CPNS) dilaksanakan dengan pola kemitaraan bekerjasama dengan Badan Diklat Propinsi Jawa Tengah,  berlangsung di  Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita ( BBRSBG ) Kartini Temanggung . Tujuan Diklat guna membentuk  kader  staf PNS yang berkarakter professional, bersikap mental yang baik  berperilaku jujur, disiplin  dan penuh semangat.
    Kepala Badan Kepegawaian Daerah ( BKD ) Kabupaten Temanggung Drs. Sutikno  menjelaskan , Diklat prajabatan   diikuti CPNS golongan I  100 orang dan golongan II 106 orang , peserta seluruhnya  206  orang . Ditinjau dari status perekrutan,  peserta Diklat  seluruhnya  CPNS  tenaga honorer  .  Mereka  terinci  130 orang laki-laki dan 76 perempuan
    Peserta Diklat Prajabatan  seluruhnya   dari CPNS jalur tenaga honorer yang selama ini sudah melaksanakan tugas dilingkungan Pemkab Temanggung yang tersebar di sejumlah SKPD tandasnya .
    Dikatakan, pelaksanaan Diklat dibagi menjadi 3 gelombang  yang diselennggarakan secara paralel  selama 19 hari  kerja untuk masing-masing angkatan . Peserta Diklat  terbagi   angkatan XII dan XIII mulai tanggal 20 April s/d 8 Mei  2009, angkatan XIV mulai   tanggal 1 Juni s/d 195 Juni 2009. Sedang untuk  angkatan  XV dan XVI  tanggal  21 Juni s/d 10 Juli 2009.
    Melalui Diklat  Prajab  diharapkan  mampu membentuk  kader  staf PNS yang berkarakter profesional, bersikap mental yang baik  berperilaku jujur, disiplin  dan penuh semangat. Selain itu  guna meningkatkan  pengetahuan, keahlian  dan  ketrampilan  serta pembentukan  sedini mungkin  kepribadian PNS yang memiliki kompetensi  sesuai dengan persyaratan  pengangkatan PNS  jelas dia .
    Lebih lanjut Sutikno mengemukakan ,  kurikulum  diklat  Prajabatan  sebanyak 174 jam  pelajaran. Materi pelajaran diantaranya tentang  dinamika kelompok, system penyelenggaraan Pemerintah  NKRI, manajemen kepegawaian  negara, etika organisasi pemerintah dan pelayanan prima. Materi lainnya meliputi  Budaya Kerja Organisasi Pemerintah, Manejmen Perkantoran Modern, Membangun Kerjasama Tim, Komunuikasi Yang Efektif dan wawasan Kebangsaan Dalam Kerangka  NKRI .  Disamping itu  juga diberikan materi  Ko Kurikuler  berupa latihan  kesegaran jasmani, baris berbaris , tata upacara sipil, tugas baca dan ceramah kesehatan mental . 
    Materi Diklat disampaikan widyaiswara/tenaga pengajar baik dari Pemkab Temanggung ,  Badan Diklat Propinsi Jawa Tengah maupun dari KODIM 0706 Temanggung . Peseta dinyatakan lulus  bila  mampu menyelesaikan  seluruh program pembelajaran , nilai akhir tidak kurang dari 70 dan jumlah  kehadiran  tidak kurang  dari 95  dari jumlah jam pelajaran   tandasnya .
    Sutikno menambahkan  bagi peserta  yang berhasil  menyelesaikan  seluruh program dan  dinyatakan lulus, diberikan Surat Tanda  Tamat  Pendidikkan dan Pelatihan  ( STTPP ) yang ditanda tangani Bupati  Temanggung dan Kepala Badan Diklat Propinsi Jawa Tengah .( Humas/Edy Laks )    


Berita Terkait