Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

RAKOR KADES

Senin, 16 Pebruari 2009 Pemerintahan
MENINGKATKAN SEKTOR EKONOMI
TEMANGGUNG- Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi mengatakan, selama masa orde baru, desa dijadikan objek sekaligus sebagai subjek pembangunan. Banyak dana dan anggaran mengalir ke pelosok-pelosok kampung. Pertumbuhan ekonomi meningkat, akan tetapi angka kemiskinan tidak menurun. Kebijakan-kebijakan semacam itu akhirnya dikaji ulang di masa revormasi. Percepatan pertumbuhan ekonomi harus dilihat dari meningkatnya pendapatan masyarakat secara menyeluruh. “Ibarat sebuah konvoi, kecepatannya tidak diukur dari kendaraan paling depan, tetapi harus dilihat kapan kendaraan paling belakang sampai pada tujuan,” ujarnya.
Demikian dikatakannya pada Rapat koordinasi Kepala Desa/Kelurahan se Kabupaten Temanggung yang berlangsung di Graha Bhumi Phala Sabtu (14/2) lalu, Acara ini juga dihadirii Muspida, Camat, dan Dinas/Instansi terkait lainnya.
Dijelaskan, di Kabupaten Temanggung saat ini terdapat 33% rakyat miskin. Menurut bupati, sudah saatnya arah kebijakan Pemerintah lebih fokus pada upaya untuk menurunkan prosentase kemiskinan dengan meningkatkan penghasilan mereka.
Ia mencontohkan, sebuah desa yang akan membangun DAM  air. Rencana seperti itu bagus, karena dengan pasokan air yang teratur dan cukup diharapkan akan meningkatkan produksi padi. Tetapi kenyataanya hasilnya justru hanya dinikmati oleh petani yang memiliki lahan sawah sendiri. Sementara nasib buruh tani tidak mendapat nilai tambah.  Oleh karena itu, pembangunan yang dilaksanakan harus terukur dan terarah dan memiliki nilai tambah bagi semua pihak.
Pada kesempatan yang sama Ketua DPRD Temanggung Drs. H. Bambang Sukarno mengatakan, sudah saatnya para penentu kebijakan lebih memikirkan nasib masyarakat bawah agar terentas dari kemiskinan. Program-program dan kebijakan harus bisa tepat sasaran dan tepat waktu. Tetapi dalam pelaksaanya jangan sampai menyalahi hukum dan aturan yang ada.
Pengarahan/materi  juga disampaikan oleh Dandim, Kapolres dan Kepala Pengadilan Negeri Temanggung, dan ditutup oleh Wakil Bupati Temanggung Ir. H. Budianto.(Edis-Humas).

Berita Terkait