Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Kerja Bakti Massal Pungut Sampah Sambut Hari Bersih Bumi

Kamis, 19 September 2019 Umum

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung  bakal menggelar acara dalam rangka memperingati hari bersih bumi se dunia  tahun 2019 dengan melaksanakan gerakan kerja bakti massal memungut sampah.  Hal itu bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat,  indah dan nyaman.

          Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung Muhammad Amin Agus Prasodjo  melalui Kepala Bidang  Kebersihan dan Pengelolaan Persampahan Sriyono di kantornya  Rabu (18/9) mengatakan,  kegiatan dalam rangka memperingati hari bersih bumi se dunia (World Clean Up Day ) tahun 2019   dibagi menjadi dua kegiatan. Kegiatan yang pertama yakni pada hari sabtu tanggal 21 September 2019 berupa  gerakan  membersihkan sampah  di belakang pasar Pingit Pringsurat  dan di dusun Ngebung  Pingit Pringsurat. Kegiatan tersebut akan dihadiri  Bupati  bersama pejabat terkait dan diikuti para relawan  serta warga masyarakat. Di dua lokasi tersebut selama ini banyak sampah  sehingga mengganggu kenyamanan lingkungan.

          Sedang  kegiatan yang kedua  yakni pada hari Minggu 22 September 2019  berupa  kerja bakti massal memungut sampah diseluruh wilayah Kabupaten Temanggung. Guna menunjang hal tersebut Bupati  Temanggung telah mengeluarkan Instruksi nomor 660.1/493/IX/2019  tentang  peringatan gerakan Indonesia  bersih dan gerakan pungut sampah dalam rangka  hari bersih bumi se dunia (World Clean up Day) di Kabupaten Temanggung  Tahun 2019 . Dalam instruksi tersebut  menginstruksikan kepada camat, Kepala Desa/Kelurahan, Kepala dusun/Lingkungan, ketua RW dan ketua RT se Kabupaten Temanggung   untuk melaksanakan gerakan memungut  sampah di wilayahnya masing-masing.

           Diungkapkan  untuk pelaksanaan di lapangan  maka diinstruksikan  kepada ketua RT bersama  warganya melaksanakan gerakan pungut sampah anorganik  seperti plastik, botol kaca, besi, kertas dan lain-lain  di wilayah masing-masing dan dikemas rapi. Ketua RW dan Kepala Dusun/Lingkungan bertanggungjawab dalam proses pengangkutan sampah dimaksud dari masing-masing RT untuk  dibawa ke Desa/Kelurahan. Selanjutnya   Kepala Desa/Kelurahan bertanggungjawab dalam proses  pengangkutan sampah  dari masing-masing RW untuk dibawa ke kecamatan . Sedang  Camat bertanggung jawab untuk menentukan lokasi pengumpulan sampah anorganik  di tingkat Kecamatan.

          “Pelaksanaan  kegiatan  pungut sampah  dilaksanakan secara serentak pada hari Minggu  22 September 2019 mulai jam 07.00 sampai dengan selesai. Dengan gerakan tersebut  diharapkan  memacu semangat warga masyarakat  untuk  selalu  membersihkan  sampah di lingkungannya masing-masing  sebagai  budaya hidup sehari-hari“  ujarnya  (Bagian Humas Pemkab Temanggung ) 

Berita Terkait