Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BAZNAS Temanggung Bantu Plesterisasi 400 Rumah Miskin

Kamis, 10 Oktober 2019 Sosial

 TEMANGGUNG, Badan Amil  Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Temanggung memberikan bantuan Rp.400.000.000 untuk biaya plesterisasi rumah 400 warga miskin yang tersebar di 20 Kecamatan. Bantuan secara simbolis diserahkan Bupati HM Alkhadziq kepada relawan  perwakilan penerima  di aula Kantor BAZNAS Temanggung Kamis (10/10)  disaksikan  para Kasie kesejahteraan masyarakat Kecamatan dan pejabat terkait.

          Bupati HM Alkhadziq dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada BAZNAS Kabupaten Temanggung yang menyalurkan bantuan  untuk membangun plesterisasi  rumah  warga miskin senilai Rp.400.000.000. Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut , 400 rumah warga miskin yang tersebar di 20 kecamatan yang saat ini lantai rumahnya masih  berupa tanah  nantinya bisa diplester menggunakan semen dan pasir  sehingga  menjadi lebih nyaman. Dengan plesterisasi ujarnya  setidaknya bisa  mengangkat harkat, martabat dan derajat hidup mereka  sehingga lebih sejahtera.
          Dikemukakan  saat ini di kabupaten Temanggung  terdapat  sekitar 26.000 Rumah Tidak Layak Huni  ( RTLH )  yang membutuhkan  perhatian dan penanganan Pemerintah kabupaten dan berbagai pihak agar  bisa terentaskan menjadi rumah yang layak huni. Untuk menggarap renovasi rumah tidak layak huni  memang  harus dikeroyok bareng-bareng  tidak saja oleh Pemkab Temanggung namun butuh uluran tangan  berbagai pihak terkait termasuk BAZNAS agar secepatnya bisa teratasi. Dengan demikian diharapkan kedepan secara bertahap dan berkelanjutan  pembangunan rehab RTLH terus berjalan sampai seluruhnya tergarap  sehingga di Kabupaten Temanggung  semua  rumah warga  menjadi rumah yang sehat dan nyaman untuk dihuni.

           Ketua BAZNAS Temanggung  H.Djundardo mengatakan pemberian bantuan  plesterisasi  rumah merupakan  realisasi  program arahan dari bapak Bupati setelah beberapa waktu lalu BAZNAS beraudiensi . Bantuan sebesar Rp.400.000.000  disalurkan kepada 400 warga miskin yang tersebar di 20 Kecamatan, sehingga setiap warga menerima Rp.1.000.000. Mekanisme penyalurkan  diserahkan melalui Kasie Kesejahteraan Masyarakat di tiap-tiap Kecamatan yang selanjutnya diteruskan kepada  warga penerima  hasil pendataan relawan yang melibatkan ibu-ibu dari  organisasi muslimat NU Kabupaten Temanggung.

          “Kita berharap  bantuan  dana plesterisasi rumah bisa secepatnya digunakan untuk memplester rumah warga miskin supaya  kondisnya menjadi lebih baik, tidak lagi menempati rumah yang berlantai tanah. Dengan demikian rumahnya lebih nyaman untuk dihuni sehingga hidupnya lebih sejahtera “ harapnya  sembari menambahkan dana yang terkumpul di BAZNAS Temanggung disalurkan  kepada  yang berhak melalui 8 program unggulan yakni peduli pendidikan, peduli kesehatan, peduli modal dhuafa. Disamping itu untuk  peduli papan, peduli penyandang cacat, peduli konsumtif, peduli bencana, dan peduli kemanusiaan. (Humas Pemkab Temanggung 19/Edy Laks)

Berita Terkait