Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Menteri Desa Resmikan BUMN Shop- BUMDES Desa Mojosari

Rabu, 30 Oktober 2019 Pemerintahan

TEMANGGUNG, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar meresmikan keberadaan "BUMN Shop-BUMDes" bersama Sindoro Artha Dwipa di Dsa Mojosari Kecamatan Bansari  Selasa kemarin (29/10). Hadir dalam acara tesebut Bupati HM Al Khadziq, Pejabat Forkompimda dan pejabat terkait.

          Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar dalam sambutannya mengatakan menyambut positif  berdirinya  "BUMN Shop-BUMDes"  yang dinilai menjadi sarana Pemerintah Desa untuk mengembangkan berbagai usaha ekonomi produkif sesuai potensi yang dimilki. Dengan demikian,  degan adanya BUMDES perekonomian warga masyarakat semakin maju dan berkembang sehingga  kesejahteraannya lebih meningkat .

          Berkait dengan dana desa dikatakan mulai sekarang lebih diprioritaskan untuk penguatan sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi, tetapi tidak meninggalkan peningkatan infrastruktur.Skala prioritasnya saja yang diubah, kalau sebelumna skala pertama adalah infrastruktur mulai sekarang ditekankan  untuk penguatan SDM dan ekonomi.Harapan dari ini semua adalah adanya sebuah suasana batin, adanya cipta rasa, iklim yang dirasakan oleh masyarakat secara lebih maksimal lagi bahwa dana desa memang memberi manfaat bagi masyarakat di desa. Ini target capaian yang akan kita raih dari pelaksanaan pembangunan.

          Menurut Menteri Desa  ada beberapa permasalahan yang tentu menjadi kendala di dalam implementasi penggunaan dana desa, dan hal ini sudah didiskusikan dengan berbagai pihak, terutama dengan Menteri Dalam Negeri dan Kejaksaan Agung.
Metari yang akan dibahas yakni pelaksanaan dana desa ini agar tidak terlalu rumit pertanggungjawabannya, mudah dilaksanakan, mudah diawasi, mudah dievaluasi sehingga tidak menjadi penyebab rumitnya kepala desa dalam mempertanggungjawabkan dan tidak menimbulkan tafsiran-tafsiran ganda terhadap apa yang menjadi acuan.

          “ Hal itu merupakan salah satu upaya agar menjadi percepatan di dalam proses implementasi dana desa, kemudahan pertanggungjawaban tetapi juga kemudahan dalam pengawasan.Dengan demikian transparansi anggaran bisa dilakukan, efektifitas dalam pelaksanaan dan insya Allah penggunaan dana desa akan berjalan secara maksimal," Tandasnya.

          Bupati HM Ahadziq dalam sambutannya  mengatakan Pemkab Temangung terus berupaya mendorong pertumbuhan BUMDES  di seluruh desa yang tersebar di 20 Kecamatan. Hal itu dikandung maksud agar dengan  Pemerintah Desa mendirikan  Badan Usaha  maka memungkinkan  potensi ekonomi yang dimiliki akan lebih berkembang  guna mendongkrak pendapatan asli desa. (Bagian Humas Pemkab Temanggung19/Edilaks ) 

Berita Terkait