Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Ayo Sedulur, Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Rabu, 12 Pebruari 2020 Pemerintahan

     TEMANGGUNG, Sensus Penduduk??? Pasti diantara sekian banyak masyarakat di Kabupaten Temanggung telah mengenal kalimat tersebut. Masyarakat lebih mengenalnya dengan istilah “Cacah Jiwo”, istilah tersebut berarti seluruh masyarakat yang termasuk sebagai penduduk Indonesia akan didata. Kemudian apakah maksud dan tujuan dari Sensus Penduduk tersebut??? 
     Sensus Penduduk adalah keseluruhan proses pengumpulan, pengolahan, peyusunan, dan penerbitan data demografi, ekonomi, dan sosial yang menyangkut semua penduduk pada waktu tertentu di suatu negara atau wilayah. UU No 16 tahun 1997 Pasal 11 menyatakan Badan Pusat Statistik (BPS) wajib menyelenggarakan statistik dasar. Peraturan Pemerintah (PP) No. 51 tahun 1999 menjelaskan secara rinci penyelenggaraan statistik yang meliputi sensus dan survei. UU No.16 tahun 1997 Pasal 8 ayat 1 menghendaki agar Sensus Penduduk di Indonesia diselenggarakan sekurang-kurangnya sekali dalam 10 tahun oleh BPS. Sensus Penduduk di Indonesia dilaksanakan pada tahun yang berakhiran nol. Tujuan Sensus Penduduk yakni mengumpulkan data dasar penduduk, komposisinya menurut jenis kelamin, sebaran geografis, dan karakteristik pokok sosial ekonomi.
     Sensus Penduduk di Indonesia telah dilaksanakan sebanyak 8 kali, dua kali dilaksanakan ketika zaman pemerintahan Hindia Belanda, yaitu Sensus Penduduk di tahun 1920 (hanya di Pulau Jawa) dan 1930 (meliputi seluruh nusantara). Enam Sensus Penduduk berikutnya dilakukan setelah Indonesia merdeka, yaitu Sensus Penduduk tahun 1961, 1971, 1980, 1990, 2000 dan tahun 2010. Hasil Sensus Penduduk tahun 1961 (sekitar 97 juta jiwa), tahun 1971 (jumlah penduduk sekitar 119,2 juta jiwa), dan pada tahun 2010 (sekitar 237,6 juta jiwa). Sensus Penduduk tahun 2020 merupakan sensus yang ke-7 di Indonesia setelah Indonesia merdeka.
     Awalnya Sensus Penduduk dilakukan dengan metode tradisional yaitu pendataan petugas secara door to door melalui pencatatan di kuesioner kertas. Seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi maka Sensus Penduduk 2020 menggunakan perangkat berbasis internet dan android, melalui penerapan hal tersebut diharapkan mempercepat dan mempermudah selama proses pendataan lapangan. SP2020 bertujuan menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk untuk Satu Data Kependudukan Indonesia. Tujuan lain dari SP2020 untuk mewujudkan Register Based Census (data registrasi penduduk yang berdasarkan sensus) sesuai rekomendasi PBB, sampling frame Survei Sosial Ekonomi BPS, data parameter demografi (fertilitas, mortalitas, dan migrasi), karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk, indikator SDG’s, dan sebagai bahan perencanaan dan evaluasi pembangunan.
     Hasil adaptasi terhadap perkembangan informasi dan teknologi terkini maka Sensus Penduduk 2020 kedepan menggunakan metode kombinasi yaitu Computer Aided Web Interviewing (CAWI) berbasis web melalui akses internet dengan alamat web: https//sensus.bps.go.id. Seluruh data SP2020 menggunakan basis data registrasi dari Disdukcapil, pengisian data melalui internet disebut Sensus Mandiri atau dikenal sebagai tahapan Sensus Penduduk Online. Melalui Web Sensus tersebut anda akan diminta untuk memasukkan NIK dan nomor KK. Kemudian muncul daftar anggota rumah tangga, perbarui data untuk seluruh anggota rumah tangga dan kondisi tempat tinggal Anda. Dari pendataan lewat CAWI tersebut akan didapatkan Daftar Penduduk yang akan dicetak dan dikonfirmasi kebenarannya kepada ketua/pengurus SLS/RT/RW atau apartemen. Pada tahapan CAWIkerahasiaan dan keamanan data yang diinput oleh individu terjamin. Kegiatan CAWI tersebut akan dilaksankan mulai tanggal 15 Februari 2019 sampai dengan 31 Maret 2019.
     Penduduk yang belum mengisi data melalui tahapan Sensus Penduduk Online akan didatangi oleh petugas sensus secara door to door untuk didata. Tahapan pendataan  dilakukan dengan dua metode yaitu secara Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) atau Pen and Paper Interviewing (PAPI). Untuk Kabupaten Temanggung khususnya dan Provinsi Jawa Tengah secara keseluruhan menggunakan metode CAPI, hal tersebut dapat dilakukankarena  ketersediaan akses jaringan internet serta sebagian besar masyarakat telah memiliki hand phone yang berbasis android. Kegiatan pendataan ini akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada bulan juli 2020.
     Hasil sekilas SP2010 dalam bentuk piramida menunjukkan tipe ekspansif, sebagian besar penduduk berada pada kelompok usia muda. Bagaimana bentuk piramida penduduk dari hasil SP2020 nanti? Pada saat itu, kohor penduduk muda di tahun 2000 akan menjadi dewasa di tahun 2020. Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) hasil SP1971 hingga SUPAS2015 cenderung menurun seiring berhasilnya program Keluarga Berencana (KB). Laju pertumbuhan penduduk tahun 1971-1980 sebesar 2,33 persen dan pada tahun 2010-2015 menjadi 1,43 persen. Dengan mengelompoknya penduduk pada usia muda di 2010 akan menjadi kelompok usia dewasa di 2020 nanti, itu ditandai dengan adanya fakta bahwa angka ketergantungan penduduk (dependency ratio) Kabupaten Temanggung tahun 2014-2018 (Susenas Maret) cenderung menurun dari 46,9 persen menjadi 46,51 persen. Penurunan dependency ratio tersebut menyiratkan bahwa Kabupaten Temanggung berada pada jendela peluang (windows of opportunity) berupa bonus demografi, dimana penduduk usia produktif jumlahnya cukup besar 
     dibandingkan dengan penduduk non produktif. Jendela peluang tersebut dapat berupa keuntungan atau justru kerugian, hal tersebut merupakan pilihan dari Pemerintah Daerah dalam memanfaatkannya.
     Pelaksanaan SP2020 dengan combined method diharapkan akan memberikan hasil yang berkualitas dan dapat memberikan gambaran berbagai indikator kependudukan secara akurat dan menyeluruh.Melalui data yang akurat berbagai target/sasaran serta program pemerintah akan tepat sasaran. Keberhasilan Sensus Penduduk 2020 tidak terlepas dari dukungan seluruh jajaran pemerintah dan partisipasi dari seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung. BPS Kabupaten Temanggung telah melakukan sosialisasi dan mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Bupati Temanggung M. Al Khadziq untuk suksesnya pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.Pastikan data anda dan seluruh keluarga anda tercatat di Sensus Penduduk 2020 nanti.Sukseskan Sensus Penduduk 2020 untuk Mencatat Indonesia secara akurat. (Eka Yuni Kristyowati, S.ST – BPS Temanggung

Berita Terkait