Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB MINTA PABRIK PERLANCAR PENYERAPAN TEMBAKAU TEMANGGUNG SAMPAI HABIS

Senin, 14 September 2020 Pertanian dan Perkebunan

TEMANGGUNG, Hari ini Senin tanggal 14 September 2020, Bupati Temanggung Al Khadziq bersama Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo kompak kembali mendatangi gudang pembelian tembakau perwakilan pabrik rokok yang ada di Temanggung. Bupati dan Wabup meminta perwakilan pabrik mempercepat penyerapan tembakau dari petani sampai habis dan memohon agar harga beli sesuai dengan kualitas tembakau Temanggung yang tinggi.

 

     Bupati dan Wakil Bupati mengunjungi perwakilan pembelian PT Gudang Garam serta mengunjungi para grader perwakilan PT Djarum.
     Kunjungan kali ini bertujuan untuk :
1. Memastikan agar pembelian tembakau Temanggung oleh pabrikan dipercepat penyerapannya, karena sampai saat ini hasil panen masih banyak menumpuk di petani, pengepul dan pedagang karena arus pembelian oleh pabrikan masih belum optimal  dan tidak berimbang dengan volume hasil panen. Oleh karena itu diminta perwakilan pabrik untuk mempercepat penyerapan/pembelian tembakau asli Temanggung.
2. Meminta kepada pabrik untuk mengerti dan memahami kesulitan yang sedang dihadapi oleh masyarakat pertembakauan, dimana ekonomi sedang sulit dan cuaca di awal musim panen kurang baik, oleh karena itu pihak pabrik jangan terlalu ketat dalam menentukan grade dan kualitas tembakau supaya tembakau asli Temanggung bisa terserap habis dan diberikan harga terbaik sesuai dengan kualitasnya.
     Menanggapi permintaan Pemerintah Kabupaten, dari perwakilan PT Gudang Garam mengatakan akan tetap melakukan pembelian tembakau asli Temanggung. Sedangkan beberapa grader PT Djarum menyatakan siap memperlancar arus pembelian sesuai dengan kuota yang ditetapkan pabrik.
     Namun kedua perwakilan pihak pabrik ini tetap  berharap ketika nantinya ada kelancaran pembelian tembakau, agar yang digarap oleh petani benar-benar tembakau asli Temanggung dan tidak dicampur-campur dengan elemen lain.(Hms20)

 

Berita Terkait