Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DPPKBPPA DEKAT DENGAN MASYARAKAT

Kamis, 19 November 2020 Sosial

TEMANGGUNG, Di tengah pandemi covid-19, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) selalu berupaya melaksanakan pendekatan kepada masyarakat dengan menghadirkan peran BKKBN di tengah keluarga Indonesia serta menjamin masyarakat tetap mendapatkan pelayanan KB di tengah pandemi covid-19, sehingga dapat menghindari putus pakai kontrasepsi dan masyarakat juga mendapatkan pengetahuan tentang program Bangga Kencana. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Traji Kecamatan Parakan, Kamis (19/11).

Kegiatan Program Bangga Kencana Bersama Mitra Kerja Perwakilan Dinas PPKBPPPA dihadiri Bupati Temanggung HM Al Khadziq, Camat Parakan, Kepala Desa Traji, dan undangan lainnya adapun narasumber dari Kepala DPPKBPPPA Wara Andijani, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Tusi Indraswari.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) adalah program yang berfokus dan menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan, dimana program ini mengarahkan bagaimana keluarga mempunyai rencana berkeluarga, mempunyai anak, mempunyai pedidikan sehingga terbentuk keluarga-keluarga yang berkualitas. Dan untuk mendukung program Bangga Kencana di Kabupaten Temanggung

"Saya sangant mengapresiasi kegiatan ini, program KB ini akan berjalan sepanjang masa, program yang tidak terpengaruh dengan kondisi politik, siapapun presidenya program KB ini akan terus berjalan", tambahnya.

Program bangga kencana ini adalah program nasional, sehingga tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan dari masyarakat yang ada di desa, "Oleh karena itu ayo kita sukseskan program ini, kita sengkuyung bersama agar program ini bisa berjalan dengan baik, saya juga mohon kepada kepala DPPKBPPPA untuk memperluas program-program KB", tegas Bupati.

Dalam kegiatan ini Bupati juga menyerahkan bantuan peralatan pendukung kepada seluruh penyuluh KB di kecamatan parakan. Untuk mendukung kinerja para penyuluh di desa.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas PPKBPPA Wara Andijani dalam materinya menyatakan bahwa program Bangga Kencana memiliki 3 aspek yang harus kita laksanakan, yaitu :
1. Keluarga : bagaimana membina keluarga balita dan anak, bagaimana membina keluarga remaja dan bagaimana membina keluarga lansia;
2. Kependudukan : Ini terkait grand desain kependudukan serta pelaksanaan pembangunan akan sangat dipengaruhi oleh jumlah penduduk yang ada;
3. Dalam hal Keluarga Berencana bukan hanya bicara masalah alat kontrasepsi suntik,pil,kondom dan sebagainya, tetapi di dalam Keluarga Berencana juga mencakup bagaimana kesehatan reproduksi bisa dijaga. Lebih lanjut, wara juga menyatakan bahwa untuk mensukseskan semua hal di atas perlu dukungan dari mitra kerja BKKBN. (Arif/hms20)

Berita Terkait