Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB TEMANGGUNG TUTUP SEMENTARA 5 PASAR

Senin, 15 Juni 2020 Umum

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung, mulai memberlakukan penutupan pasar secara bertahap untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Ada 5 (lima) pasar baik pasar Kabupaten maupun pasar tradisional yang akan ditutup yaitu pasar Jumo, pasar Gemawang, pasar Kandangan, pasar Ngadirejo dan pasar Tembarak.
      Kepala Bagian Humas Sumarlinah di kantornya Senin 15 Juni 2020 menjelaskan sesuai keputusan hasil rapat Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Temanggung pada hari Jumat tanggal 12 Juni 2020 pasar yang dijadwalkan hari ini (Senin, 15 Juni 2020) ditutup adalah pasar Jumo dan pasar Gemawang. Berbagai persiapan dilaksanakan oleh Gugus Tugas Covid 19 Kecamatan masing masing mulai dari kegiatan sosialisasi kepada pedagang, penataan pasar maupun penyemprotan mandiri oleh pengelola pasar.
      Diutarakan kasus Covid-19 di Kabupaten Temanggung terus mengalami lonjakan drastis hingga mencapai angka 202 yang positif. Dengan melonjaknya kasus positif Covid-19 tersebut saat ini menjadikan Temanggung berada di peringkat kedua tertinggi di Jawa Tengah setelah Kota Semarang. Berdasarkan  pengamatan  di lapangan di dapatkan data riil jumlah paling banyak berasal dari klaster pasar tradisional, sehingga setelah dilakukan rapat evaluasi maka diambil kebijakan menutup sementara 5 pasar tradisional yang menjadi episentrum penularan corona.
      "Pasar  Jumo merupakan pasar tradisional yang dikelola Pemerintah Desa Jumo sedangkan pasar Gemawang dikelola oleh BUMDes Gemawang, 2 (dua) pengelola ini giat dan aktif melakukan sosialisasi dan persiapan persiapan penutupan pasar" ujarnya.
      Dikemukakan dalam penutupan pasar Jumo dan Gemawang  berjalan lancar tanpa kendala, pasar Jumo ditutup dini hari tadi pukul 02.00 WIB sampai dengan 3 (tiga) hari kedepan dan dibuka kembali tanggal 18 Juni 2020 . Sedang  pasar Gemawang mulai ditutup Senin 15 Juni dan dibuka kembali tanggal 19 Juni mendatang. Selama penutupan sementara pasar,  dilakukan  penyemprotan disinfektan oleh PMI Kabupaten  Temanggung dan penataan jarak kios/los oleh pengelola. Selama pasar ditutup pedagang bisa melakukan transaksi di rumah atau secara online . Untuk pembukaan pasar nantinya dengan menerapkan protokol kesehatan  secara ketat yakni semua pedagang maupun pengunjung wajib memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan sebelum masuk pasar dicek suhu badan.
      Salah seorang pedagang ayam dipasar Gemawang, Tutik (35 th) menuturkan menyambut baik penutupan pasar oleh pemerintah dengan harapan covid 19 segera berlalu sehingga bisa berdagang seperti biasanya. Selain itu berharap  pengelola pasar lebih ketat lagi menjaga pintu masuk ke pasar agar pembeli yg tidak memakai masker dilarang masuk demi menjaga keselamatan diri maupun orang lain. ( Bagian Humas/Faul )

 

Berita Terkait