Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Temanggung Memulai Sosialisasi Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Untuk Mencegah Covid 19

Jumat, 28 Agustus 2020 Pemerintahan

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung meminta kepada segenap warga masyarakat untuk memakai masker guna mencegah dan mengendalikan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal mengingat  penyebaran virus Covid-19 ( korona ) bisa lewat udara bebas  bila terhirup manusia, dengan memakai masker virus tidak terhirup sehingga aman dari korona.   

 

    Kepala Bagian Humas Pemkab Temanggung Sumarlinah di kantornya Jum'at 28 Agustus 2020 mengatakan berdasarkan pantauan dilapangan disinyalir ada kecendrungan  sebagian warga masyarakat abai dalam memakai masker. Hal itu misalnya terjadi dilingkungan pasar, terminal dan berbagai fasilitas tempat umum lainnya. Tidak sedikit para pengunjung yang terlihat dengan santainya tidak bermasker. Pemkab Temanggung sebenarnya melalui Surat Edaran Bupati Temanggung Nomor 360/398 Tahun 2020 Tanggal 4 Juli 2020 tentang panduan pengendalian dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Temanggung, dan  Surat Edaran Nomor 453/430 Tahun 2020 Tanggal 24 Agustus 2020 tentang Panduan pengendalian dan pencegahan covid-19 dalam penyelenggaraan kegiatan pertunjukan seni budaya di Kabupaten Temanggung pada masa Pandemi Covid 19 , sudah menekankan himbauan kepada masyarakat untuk disiplin memakai masker, bahkan juga sudah membagikan puluhan ribu masker secara gratis kepada masyarakat, termasuk menyasar pedagang maupun pengunjung pasar. Pada saat itu warga cukup disiplin memakai masker, tapi kini cenderung mulai abai dan hal itu mebahayakan sehingga harus digiatkan kembali.
    Menurut Sumarlinah, berdasarkan kajian medis jika seseorang tidak bermasker  selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan orang lain, pasalnya bila kebetulan saja ada  virus korona yang beterbangan diudara maka bisa saja terhirup masuk kebadan sehingga yang bersangkutan terpapar korona. Demikian juga bila seseorang tanpa masker dan juga kebetulan tanpa disadari mengidap Covid-19 karena berkategori Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala, bila bersin percikannya /droplet bisa menular ke orang lain yang berdekatan. Sebagaimana kita ketahui bahwa penularan penyakit ini dari droplet orang yang sakit.
    “Masyarakat wajib memakai masker apapun alasannya, ketentuan memakai masker sudah menjadi keharusan demi melindungi diri sendiri maupun orang lain. Pemkab Temanggung akan melaksanakan sosialisasi penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan yang akan dimulai awal September 2020. Salah satu tujuan dari sosialisasi ini adalah agar warga masyarakat selalu memakai masker dimanapun berada demi keselamatan bersama supaya tidak terpapar virus korona“ pintanya sembari menambahkan kasus positif korona di Temanggung terus bertambah hingga menembus angka 305 bahkan beberapa orang diantaranya telah meninggal dunia.
    Dalam rangka mendorong warga masyarakat semakin sadar dalam memakai masker Pemerintah Kabupaten Temanggung juga telah menggelar konferensi pers berkait telah diterbitkannya Peraturan Bupati nomor 45 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Konferensi pers disampaikan Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Lingkungan Hidup Joko Prasetyono kepada wartawan baik cetak maupun elektronik Jum'at 28 Agustus 2020 di Pendopo Jenar komplek Kantor Bupati Temanggung. Dengan dikeluarkanya Perbup tersebut diharapkan masyarakat sadar mematuhi protokol kesehatan yakni selain memakai masker, juga rajin  cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer, ukur suhu badan dan jaga jarak.
    Dalam Perbup tersebut diantaranya mengatur sanksi pelanggaran penerapan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19. Sanksi diberlakukan secara berjenjang baik untuk perorangan, pelaku usaha, pengelola atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum dan penyelenggara kegiatan.
    Untuk perorangan sanksi diterapkan mulai teguran lisan, kerja sosial berupa menyapu atau membersihkan/memungut sampah pada fasilitas umum. Selain itu bisa juga dikenai sanksi tindakan disiplin yang bersifat mendidik bahkan menjatuhkan  denda administratif. Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh masyarakat, pelaku usaha, pengelola fasilitas umum dan penyelenggara kegiatan untuk mematuhi protokol kesehatan sebagai pedoman tingkah laku dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 khususnya di Kabupaten Temanggung. Warga masyarakat juga ditekankan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.
     "Dengan imunitas yang terjaga baik korona tak berkutik. Maka kita mesti makan bergizi, istirahat cukup dan rajin olah raga serta berjemur matahari pagi" pintanya. (Hms20/ Edy Laks)

Berita Terkait