Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

AKSI WCD JADI AWAL GERAKAN TEMANGGUNG BEBAS SAMPAH

Minggu, 20 September 2020 Umum

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung, Minggu (20/9) Memperingati puncak acara Word Cleanup Day (WCD) secara serempak di 20 kecamatan yang di mulai jam 07.30 WIB, rangkaian kegiatan adalah Pungut dan pilah sampah organik, anorganik di lingkungan permukiman masyarakat se Kab Temanggung. Acara melibatkan berbagi unsur komunitas seperti Banser, Fatayat, IPNU, LPNHNU, Muslimat NU, MDMC, KOKAM, Mancing Mania Temanggung, Saka Bayangkara, Saka Kalpataru, ALIR, PERMATA, KAMADITA, RBP, Saka Wanabakti, Grasindo, Sar Macan Prau, Kompas, Rasi Pala, BC Banaran, Paguyuban Bank sampah Se Kabupaten Temanggung dll.
     Kegiatan ini diawali Susur sungai di 20 Kecamatan secara bersamaan dengan total yang terlibat kegiatan ini kurang lebih 600 pesonil.
     Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono mengatakan kegiatan ini dapat meningkatkan dan menjaga kebersihan lingkungan. Tentunya dalam hal ini kita harus bersama-sama dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat terutama di wilayah Kabupaten Temanggung.
     Sebagaimana diketahui kegiatan WCD ini sudah diawali dengan kegiatan Pungut dan Pilah sampah pada hari Sabtu (19/9) dilingkungan sekolah dan pondok pesantren.
     “Kegiatan ini sudah dimulai kemarin dilingkungan sekolah dan pondok pesantren, kami melakukan edukasi sejak dini mulai dari lingkungan sekolah sejak usia dini, untuk sadar dan perduli terhadap lingkungan terutama masalah sampah, aksi itu diharapkan menjadi dorongan untuk awal mewujudkan Kabupaten Temanggung bebas sampah", tambahnya.
     Dan nantinya kegiatan ini tidak hanya dilakukan saat World Clean Up Day saja. Akan tetapi harus rutin dilakukan oleh masyarakat disetiap lingkungan mulai kecamatan, desa/kelurahan dan RT/RW.
     Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya.
     Setelah sungai sungai bersih juga akan dilakukan penebaran benih ikan sebanyak 4000 di sungai-sungai wilayah kab temanggung oleh Dinas Peternakan Perikanan dan Komunitas mancing mania temanggung.(Hms20/ujik)

Berita Terkait