Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

42 Pelajar SMA Sederajat Ikuti Seleksi Paskibra Tingkat Provinsi

Kamis, 18 Maret 2021 Pendidikan

TEMANGGUNG, Sebanyak 42 pelajar SMA/SMK/MA se-Kabupaten Temanggung mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat Provinsi Jawa Tengah di Wisma Atlet, Komplek Stadion Bumi Phala, Rabu (17/3/2021). 

Dari 42 pelajar tersebut, nantinya akan dipilih dua pelajar putra dan putri untuk mewakili Kabupaten Temanggung mengikuti seleksi Paskibra ditingkat Provinsi Jawa Tengah. 

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung yang juga penanggung jawab seleksi, Sarwana yang ditemui disela-sela seleksi,  mengatakan pada tahun ini seleksi Paskibra diikuti oleh 42 peserta dari 20 SMA/SMK/MA se-Kabupaten Temanggung yang diadakan selama dua hari, Tanggal 16 dan 17 Maret 2021.

“Tujuan seleksi ini adalah untuk memilih dua wakil Paskibra, baik putra dan putri untuk maju ketingkat provinsi, selain itu juga untuk meningkatkan kompetensi pelajar dan juga untuk pembentukan karakter, yaitu karakter yang ber-Pancasila,“ katanya.

Ditambahkannya, materi seleksi diantaranya fisik dan penampilan, kesegaran jasmani, tes kemampuan bahasa Inggris, pengetahuan umum, akhlaq dan kepribadian. Selain itu juga pengetahuan, ketrampilan dan seni budaya.

Sementara itu, salah satu tim seleksi pengetahuan dan ketrampilan seni budaya, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika, Fransisca Supriyati mengatakan seleksi pengetahuan dan ketrampilan seni budaya bertujuan untuk mengetahui ketrampilan yang dimiliki para peserta seleksi, khususnya dibidang seni budaya seperti tari, menyanyi dan juga baca puisi.
    
“Ketrampilan seni budaya akan menjadi nilai lebih atau nilai tambahan bagi para peserta. Sejauh ini penampilan para peserta sangat saya apresiasi cukup bagus,” terangnya. 

Salah satu peserta seleksi asal SMA N 3 Temanggung, Azzahra Dinda mengatakan bahwa ia mengikuti seleksi ini untuk melatih kedisiplinan dan untuk bisa membanggakan sekolah dan orang tua. Dirinya berharap bisa terpilih untuk mewakili Kabupaten Temanggung ditingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Untuk mengikuti seleksi ini, saya mempersiapkan diri selama tiga hari, yang paling sulit adalah wawancara bahasa Inggris. Saya berharap, bisa terpilih menjadi wakil Kabupaten Temanggung maju ke tingkat provinsi ,” harap Dinda. (B/kominfo21

Berita Terkait