Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Bupati Sampaikan LKPj dalam Rapat Paripurna DPRD

Kamis, 18 Maret 2021 Pemerintahan

TEMANGGUNG, Rapat keempat paripurna Dewan Perwakilan Dakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Temanggung dalam persidangan kedua Tahun 2020-2021 menyampaikan rekomendasi DPRD Kabupaten Temanggung terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Temanggung Tahun 2020, Kamis (18/3/2021).

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah menyatakan bahwa kepala daerah mempunyai kewajiban menyampaikan LKPj kepada DPRD. 

Bupati Temanggung, M Al Khadziq menyampaikan bahwa kewajiban tersebut sudah dipenuhinya dengan menyampaikan LKPj pada rapat paripurna pada Tanggal 8 Maret 2021. Serta telah dibahas oleh panitia khusus yang dibentuk oleh DPRD Kabupaten Temanggung.

“Panitia khusus DPRD telah menyampaikan hasil kerjanya, berupa catatan rekomendasi. Sehubungan dengan hal tersebut, secara khusus saya ingin menyampaikan penghargaan atas kinerja panitia khusus LKPj DPRD Kabupaten Temanggung yang telah memberikan rekomendasi yang sangat penting bagi Pemerintah Kabupaten Temanggung dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan maupun pelayanan kepada seluruh masyarakat,” ungkap Bupati.

Rekomendasi ini merupakan perwujudan check and balance yang saling bersinergi dan melengkapi, antara Bupati sebagai pemimpin pemerintahan daerah dengan DPRD sebagai representasi rakyat. Hal ini sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Pemerintahan Daerah. Secara umum, rekomendasi tersebut memberikan arahan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, bertanggungjawab, akuntabel serta mampu menjawab tuntutan perubahan kebutuhan masyarakat secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yang baik.

“Saran, masukan dan koreksi, baik yang menyangkut substansi materi maupun redaksi adalah dalam rangka perbaikan dan peningkatan efisiensi, efektifitas, produktifitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah serta fungsi pengawasan legislatif terhadap jalannya pemerintahan daerah kami terima dengan baik,” imbuh Bupati.

Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Temanggung yang semakin baik, Bupati Temanggung mengajak untuk selalu bersama-sama memberikan kepedulian dan sumbangsihnya sesuai dengan peran masing-masing anggota DPRD Kabupaten Temanggung. (C/kominfo21)

Berita Terkait