Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Peringatan Hari Kesehatan Berlangsung di Setda

Selasa, 12 November 2019 Kesehatan

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung  menggelar upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55,  Selasa (12/11) di halaman Kantor Sekretariat  Kabupaten Temanggung. Bertindak selaku Pembina  upacara  Bupati Temanggung H.M. Al khadziq, dihadiri  pejabat FKPD, Kepala OPD terkait dan diikuti karyawan/karyawati Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung.

          Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam sambutan tertulisnya  yang dibacakan Bupati mengatakan peringatan HKN ke-55 ini mengambil tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul“ Pemilihan tema ini, selain dimaknai sebagai pemuncak dari upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir, juga dimaknai dengan kesiapan bidang kesehatan untuk terlibat aktif dalam pembangunan periode berikutnya yang menitikberatkan pada aspek sumber daya manusia. Diyakini, SDM yang sehat akan membawa keunggulan bagi bangsa. Peringatan HKN telah bergerak dari tahun ke tahun, menjadi rangkaian kegiatan yang tidak saja dimiliki oleh Kementerian Kesehatan, tetapi juga oleh pemerintah daerah, Kementerian/Lembaga terkait, organisasi masyarakat, akademisi, bahkan hingga sektor swasta. Dengan semakin banyak pihak terlibat, potensi untuk bergerak sinergis menjadi semakin besar, sehingga keunggulan bangsa melalui pembangunan kesehatan dapat dicapai.

            Dikemukakan Strategi Pembangunan Kesehatan yang dibangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional, melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), Program Nusantara Sehat (NS) dan program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dan rintangannya telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah-masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat.

              “Hal  tersebut  menunjukan  dengan kerja bersama kita telah berhasil mempersiapkan Generasi Sehat untuk Indonesia Unggul pada tahun 2045. Kita berharap Generasi Sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka saat bonus demograf nanti mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera. “ ujarnya

            Menurut Menkes, momentum Hari Kesehatan ke-55 ini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa; masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif. Pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, akademisi dan praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan. Masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya .

            Seusai upacara dilanjutkan resepsi yang berlangsung di Graha Bhumi Phala . Pada ksempatan itu bupati mengajak kepada segenap jajaran petugas kesehatan untuk meningkatkan dedikasi dan profesionalisme dalam melayani kesehatan masyarakat.

Berita Terkait