Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Masuk Zona Oranye, Pikatan Water Park Ditutup

Senin, 17 Mei 2021 Pariwisata

TEMANGGUNG, Masuk kategori zona oranye, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung menutup untuk umum obyek wisata air Pikatan Water Park sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Sekretaris II Satgas Covid-19 Kabupaten Temanggung Djoko Prasetyono mengatakan penutupan Pikatan Water Park oleh Bupati Temanggung tercatat sejak Sabtu (8/5/2021). Langkah Pemkab tersebut harus diikuti pengelola wisata lain di Kabupaten Temangung.

"Pemkab tegas, begitu masuk zona oranye, langsung menutup tempat wisata yang dimiliki," kata Djoko Prasetyono saat ditemui Selasa (11/5/2021) di Temanggung.

Ia mengatakan keselamatan dan kesehatan warga menjadi pertimbangan terpenting dalam kebijakan penutupan tempat wisata. Didalam PPKM tingkat kabupaten telah diatur, jika zona orange harus menutup seluruh tempat wisata.

Tempat wisata, katanya kembali dibuka, jika di zona kuning dan hijau. Beberapa waktu lalu Pikatan Water Park dibuka dengan pembatasan, karena Temanggung berada di zona kuning. Maka itu Pikatan Water Park akan dibuka jika nanti zona kembali di kuning dan hijau.

" Mari kita bersama berjuang agar Temanggung masuk ke zona hijau dan kuning," katanya.

Tempat wisata lain, baik yang dikelola pribadi atau desa, tegas dia, harusnya juga mengikuti langkah Pemkab Temanggung. Jika ada yang nekat buka, maka Pemkab dengan terpaksa akan menutupnya.

Djoko mengatakan sebelum keputusan penutupan, manajemen Pikatan Water Park telah mengajukan kegiatan liburan, syawalan pada Bupati Temanggung, namun ditolak, karena ada kebijakan penutupan.

"Surat jawaban telah disampaikan ke manajemen Pikatan Water Park," terangnya.

Ia mengatakan pada warga untuk liburan atau berwisata di rumah saja, berkumpul dengan keluarga. Warga untuk tidak keluar rumah dan jika terpaksa, harus menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjauhi kerumunan, sebab itu menjadi sumber penularan Covid-19.

Djoko menambahkan catatan terakhir kasus aktif Covid-19 di Temanggung ada 116 kasus dengan 99 menjalani isolasi mandiri dan 17 dirawat di rumah sakit. (A/kmf21)

Berita Terkait