Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Curah Hujan Tinggi dan Sumbatan Sampah Jadi Pemicu Genangan Air di Temanggung

Senin, 05 April 2021 Bencana

TEMANGGUNG, Curah hujan yang cukup tinggi beberapa waktu terakhir menyebabkan terjadinya luapan air di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Temanggung.

Menanggapi kejadian tersebut, Bupati Temanggung H M Al Khadziq mengatakan, selain karena curah hujan yang tinggi, sering terjadinya luapan air di wilayah Temanggung juga disebabkan karena air hujan yang mengalir ke bawah membawa gumpalan-gumpalan sampah.

“Gumpalan-gumpalan sampah tersebut kemudian menutup saluran air, sehingga air meluap kemana-mana, akibatnya dibeberapa wilayah terjadi banjir,” kata Bupati, Senin (5/4/2021).

Bupati menambahkan, air hujan yang turun membawa gumpalan sampah tersebut menyumbat saluran air, sehingga air meluap dan menggenangi perumahan penduduk.

“Saluran-saluran air yang ada di pemukiman dan di tepi jalan di Kabupaten Temanggung semuanya sudah memenuhi kriteria standar teknis yang dipersyaratkan, yaitu dengan lebar antara 0,5 sampai dengan 1 meter. Tetapi karena tertutup oleh sampah dan juga disebabkan karena curah hujan yang sangat tinggi, maka air meluap,” pungkas Bupati. (S/kominfo21)

Berita Terkait