Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Antisipasi Genangan, DPUPR Temanggung Lakukan Sejumlah Langkah Preventif

Senin, 05 April 2021 Bencana

TEMANGGUNG, Menyikapi genangan air yang terjadi di wilayah Kabupaten Temanggung beberapa hari terakhir, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah akan melakukan sejumlah langkah preventif, diantaranya dengan mengoptimalkan petugas pengamat drainase atau Siskamling drainase, utamanya pada saat terjadi hujan lebat. Hal tersebut diungkapkan Hendra Sumaryana, Kepala DPUPR Kabupaten Temanggung saat ditemui di Temanggung, Senin (5/4/2021).

“Petugas tersebut akan memastikan saluran drainasenya bekerja secara optimal dan bebas dari sumbatan sampah dan bisa mengambil langkah-langkah preventif, jika itu diperlukan dan melaporkan kepada jenjang atasnya untuk pengambilan langkah-langkah preventif selanjutnya, termasuk dalam hal ini adalah petugas penjaga pintu-pintu air yang memastikan saluran air berjalan sesuai fungsinya masing-masing,” jelas Hendra.

Terkait dengan terjadinya genangan air yang ada di sekitar Jembatan Progo, Hendra menjelaskan bahwa luapan air disebabkan oleh derasnya aliran yang berasal dari Jalan Suwan-Suwardi dan juga dari irigasi sekitar. Kebetulan daerah sekitar Jembatan Progo Lama tersebut merupakan daerah cekungan.

“Dari kampung samping dan dari sisi barat airnya menuju ke cekungan Jembatan Progo, karena volume airnya banyak, maka floordrain yang ada di Jembatan Progo tidak bisa memuat dengan cepat, sehingga terjadi genangan,” tambahnya.

Ia menjelaskan, genangan yang terjadi disekitar Jembatan Progo tersebut terjadi pada Minggu Sore yang mengakibatkan terjadinya kemacetan lalu lintas dan kerusakan jalan, yang saat ini sudah ditangani oleh tim Satker Jalan Nasional.

“Untuk talud longsor yang sempat viral, sebenarnya itu bukan talud jembatan, tetapi talud milik rumah penduduk yang ada di sekitar jembatan, sehingga posisi jembatannya aman dan dipastikan dapat berfungsi sebagaimana mestinya,” jelasnya.

Sebagai langkah preventif, pihaknya sudah berkomunikasi dengan tim Satker untuk pembersihan floordrain Jembatan Progo tersebut, sehingga pada saat ada genangan bisa lebih lancar lagi. (S/komunfo21)

 

Berita Terkait