Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Hidupkan Perpustakaan Desa, Dinpusip Temanggung Gencarkan Gesbuk

Sabtu, 24 April 2021 Pendidikan
Temanggung - Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terus berupaya menggalang donasi buku dari masyarakat melalui program Gerakan Sedekah Buku (Gesbuk), Jumat (23/4/2021). Program tersebut digagas untuk menghidupkan kembali perpustakaan desa.

Kepala Dinpusip Temanggung, Suminar Budi Setiawan mengatakan Gerakan Sedekah Buku itu secara masif terus digencarkan. Alhasil hingga saat ini Dinpusip telah menerima 300 eksemplar buku yang merupakan donasi dari masyarakat.

"Kami membuka atau melaksanakan kegiatan program Gesbuk atau Gerakan Sedekah Buku, tujuannya untuk menampung buku yg sudah tidak dibaca lagi oleh masyarakat dan tentunya buku yang masih bermanfaat," katanya.

Lanjut Suminar, buku yang sudah terkumpul nantinya akan didistribusikan ke perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Temanggung. Hal itu bertujuan untuk mendekatkan dan memberikan akses kepada masyarakat untuk bisa membaca.

"Donasi buku yang sudah terkumpul ini nanti kita salurkan ke 24 perpustakaan desa. Dengan begitu, akses masyarakat dengan buku bisa semakin dekat," imbuhnya.

Dinpusip Temanggung berharap masyarakat dapat berpartisipasi dalam menyedekahkan bukunya. Sehingga kedepan, budaya membaca akan merata hingga kepelosok desa.

"Buku yang bisa didonasikan meliputi buku pertanian, fiksi, keagamaan, pendidikan dan ketrampilan. Tetapi minimal terbitan Tahun 2005, kecuali buku langka dan naskah kuno," tegasnya.

Untuk saat ini, Dinpusip Temanggung masih memfokuskan untuk menggerakkan masyarakat yang ada ditingkat paling bawah agar mau memanfaatkan buku dan meningkatkan literasi.

Berita Terkait