Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Dinkominfo Temanggung Dukung PJJ Lewat Jaringan Internet Desa

Kamis, 29 April 2021 Pendidikan

TEMANGGUNG, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung menjadi narasumber kegiatan peliputan tentang praktik baik penguatan sarana telekomunikasi untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah  (Ditjen PAUD Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI, Selasa (27/4/2021).

Kegiatan dilaksanakan di Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Hadir juga dalam kegiatan tersebut tim dari Dinpermades Temanggung, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Temanggung, Kepala Desa legoksari dan Kepala Sekolah di wilayah setempat dengan kegiatan berupa pendokumentasian dan melihat langsung praktik pembelajaran daring dari siswa-siswi di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dinkominfo Kabupaten Temanggung Sutrisno mengatakan, Kabupaten Temanggung direncanakan menjadi best practice Ditjen PAUD Dikdasmen untuk pemanfaatan Jaringan Internet Desa dalam rangka mendukung kegiatan PJJ yang menjadi program kegiatan Ditjen PAUD Dikdasmen Kemdikbud RI.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka analisis kebijakan dalam hal sinergitas antar instansi dalam rangka mendukung kegiatan PJJ. Desa Legoksari ditunjuk sebagai lokasi kegiatan karena merupakan salah satu desa yang memanfaatkan Jaringan Internet Desa untuk kegiatan PJJ,” jelasnya saat ditemui di kantornya, Rabu (28/4/2021).

Ia menambahkan, pemanfaatan Jaringan Internet Desa untuk pembelajaran tidak hanya di Desa Legoksari saja, tetapi pada dasarnya seluruh desa di Kabupaten Temanggung yang terhubung dengan jaringan internet yang difasilitasi oleh Dinkominfo Temanggung sudah diijinkan untuk dimanfaatkan dalam membantu siswa yang kesulitan dalam akses internet untuk PJJ.

“Pinsipnya jaringan boleh dimanfaatkan untk mendukung PJJ, hanya saja pengaturanya dilakukan oleh desa atau kepala sekolah yang bersangkutan dalam pengaturan protokol kesehatan saat pembelajaran,” imbuhnya.

Sutrisno menambahkan, saat ini sebanyak 223 desa di Kabupaten Temanggung sudah tercover jaringan internet dari Dinkominfo Temanggung yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan kesulitan jaringan internet. (S/kmf21)

Berita Terkait