Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021, Saatnya Restorasi Ekosistem

Senin, 07 Juni 2021 Umum

TEMANGGUNG, Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day (WED) diperingati setiap Tanggal 5 Juni oleh seluruh dunia. Tahun 2021 ini, puncak peringatannya dipusatkan di Pakistan. WED ditetapkan oleh PBB sejak Tahun 1974, dan pada WED ke-47 tahun ini diambil tema “Restorasi Ekosistem”.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mendeklarasikan Tahun 2021-2030 sebagai Dekade PBB Restorasi Ekosistem (UN Decade on Ecosystem Restoration). Rentang waktu ini dipilih berdasarkan literatur dan informasi dari berbagai ahli, yang menyebutkan bahwa dalam sepuluh tahun kedepan merupakan periode terpenting yang diperlukan untuk mencegah bencana akibat perubahan iklim, serta untuk menjaga keanekaragaman hayati.

Dalam sambutan tertulisnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya, menyampaikan bahwa dengan peringatan WED tahun ini, saatnya untuk dapat dilakukan penyesuaian berpikir dan bertindak, Reimagine - Recreate- Restore.

Inilah saatnya, kita tidak bisa mengembalikan waktu, tetapi kita bisa menanam pohon, menghijaukan alam dan lingkungan, mengubah pola konsumsi, membersihkan sungai dan pantai, serta berbagai aktivitas positif lainnya dalam menjaga dan merawat lingkungan. Kita adalah generasi yang berdamai dengan alam.

Hal yang tidak kalah penting dalam Restorasi Ekosistem dan Ketahanan Iklim yang berkelanjutan adalah kesadaran dan kepedulian bersama dari seluruh elemen masyarakat.

Dengan peringatan WED Tahun 2021 menjadi momen penting bagi kita untuk terus menggugah, menumbuhkan, serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian publik tentang ekosistem dan pengelolaannya secara optimal.

“Melalui momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, diharapkan dapat menambah semangat kita untuk senantiasa terus memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan,” tegas Menteri Siti Nurbaya, dalam sambutannya, Sabtu (5/6/2021).

Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021 melaksanakan berbagai kegiatan, diataranya Apel Luar Biasa yang dilaksanakan Senin (7/6/2021) di Halaman Kantor DPRKPLH, dengan diikuti seluruh karyawan.

Setelah apel, dilanjutkan dengan melepasliarkan satwa berbagai jenis burung, diantaranya burung hantu, perkutut, trocoh, merpati, love bird, kutilang dan emprit. Burung-burung yang dilepasliarkan merupakan sumbangan dari karyawan dan masyarakat.

Selain kegiatan tersebut, juga diadakan Penanaman 1000 Pohon di Base Camp pendakian Gunung Sindoro di Dusun Gintung, Desa Giripurno, Kecamatan Ngadirejo. Kegiatan ini dilaksanakan bersama relawan peduli lingkungan dan organisasi masyarakat lainnya.

Adapun, Selasa (8/6/2021) akan diadakan pembersihan sampah liar bersama masyarakat di Sungai Yempurung di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo. (E/kmf21)

Berita Terkait